Jumat 07 Aug 2015 15:20 WIB

Didik Keluarga, Suami Harus Pahami Hadis

Rep: c 25/ Red: Indah Wulandari
Sepasang suami-istri saat berbuka puasa bersama.
Foto: AP Photo/Lai Seng Sin
Sepasang suami-istri saat berbuka puasa bersama.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Seorang suami seharusnya memahami hadis Rasulullah terlebih dahulu sebagai pondasi pendidikan dalam keluarganya.

“Kondisi dimana seorang suami tidak atau belum memahami hadis secara benar merupakan kendala terbesar untuk memasukkan pendidikan dalam keluarga. Sebab, suami memiliki peran yang sangat sentral,” terang Ketua Ikatan Dai Indonesia (IKADI) KH Ahmad Satori Ismail, Jumat (7/8).

Yang  ia maksud, selain sebagai pembimbing seorang istri, suami juga menjadi sosok yang akan diteladani oleh seorang anak.

Selain posisinya sebagai pemimpin keluarga, ujarnya, peran suami juga menjadi vital sebagai penyaring utama. Yaitu, menegaskan hadis mana yang hendak dimasukkan ke dalam pola pendidikan keluarga.

Apabila seorang suami saja tidak atau belum bisa diandalkan dalam memasukkan pendidikan untuk keluarga, maka harus ada solusi yang disiapkan.

“Salah satu solusi yang bisa diterapkan, yaitu dengan memanggil guru agama atau ustaz untuk mengajarkan pendidikan hadis dalam keluarga,” tegas Kiai Satori.

Sekali lagi, Direktur Direktur Pascasarjana Universitas Islam As Syafi'iah tersebut menganggap, pendidikan hadis zaman kini penting. Apalagi, ia menilai istri dan anak di zaman sekarang cenderung lebih sibuk memikirkan hal duniawi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement