Kamis 06 Aug 2015 17:54 WIB
Muktamar Muhammadiyah

Calon Pimpinan PP Aisyiyah Didominasi Petahana

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Indah Wulandari
Sejumlah anggota Aisyiyah mengikuti Tabligh Akbar Aisyiyah di Makasar, Sulsel, Senin (3/8). (Republika/Prayogi)
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah anggota Aisyiyah mengikuti Tabligh Akbar Aisyiyah di Makasar, Sulsel, Senin (3/8). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR -- Organisasi perempuan  PP Aisyiyah telah melakukan pemilihan untuk mencari 13 Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah. Dari 39 nama yang telah diseleksi, dipilih tujuh formatur dengan suara terbanyak.

Dari 39 calon pimpinan, nama-nama lama yang duduk sebagai ketua PP Aisyiyah periode 2010-2015 masih mendominasi tujuh formatur tersebut. Seperti Ketua Umum PP Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini, Ketua PP Aisyiyah Masyitoh Chusan hingga Sekretaris Umum Dyah Siti Nur'Aini. 

Sekretaris Panitia Pemilihan Evi Shofia Inayati menuturkan, memang untuk pemilihan Ketua PP Aisyiyah tahun ini muka-muka lama masih banyak mengisi tujuh formatur. Hampir semua ketua PP Aisyiyah menduduki 13 besar pemungutan suara.

Hanya satu nama baru yang mampu masuk ke dalam 13 besar yaitu Esty Martina Rachmie, Ketua Perwakilan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Timur.

Evi menjelaskan, ramainya muka lama mendominasi pemungutan suara bukan karena Aisiyiyah sulit menumbuhkan kader-kader baru untuk memimpin organisasi. Pasalnya sejauh ini, Asiyiyah banyak disebut sebagai salah satu organisasi perempuan dengan tingkat kaderisasi baik.

"Kader muda yang dicalonkan dalam 39 cukup banyak. Namun memang ada faktor tertentu seperti intensitas pertemuan, konsolidasi sampai ke cabang, keterbatasan informasi dan kesenjangan jarak mampu menjadikan kader dengan muka lama masih bisa mendominasi," ujar Evi, Kamis (6/8).

Meski demikian, Evi juga menilai bahwa tujuh formatur yang ada bukan hanya terpilih karena intensitas mereka bertemu dengan anggota Aisyiyah yang lain.

Kompetensi mereka yang sudah ternilai juga membuat para ketua PP Aisyiyah yang menjabat di periode lalu mampu terpilih kembali untuk membawa Asiyiyah memasuki abad kedua.

Sementara, enam kader Aisyiyah yang akan dipilih untuk masuk dalam 13 ketua PP Aisyiyah, Evi menjelaskan bahwa enam orang ini akan dipilih oleh tujuh formatur yang telah ada.

Keenam orang ini akan dipilih sesuai dengan kebutuhan guna mengisi program yang telah disiapkan. Keenam orang ini biasanya diambil dari 39 calon yang sebelumnya masuk dalam calon kandidat.

"Kalau memang tidak ada nama yang cocok untuk menjadi ketua Aisyiyah, maka akan dipilih dari 87 calon yang ada. Tapi, diprioritaskan dari 39 nama," papar Evi.

Untuk pemilihan enam calon ini, tujuh formatur akan melakukan rapat tertutup sekaligus menentukan siapa ketua PP Aisyiyah untuk periode 2015-2020. Rencananya pemilihan dilakukan malam hari ini.

Adapun nama tujuh formatur Aisyiyah sebagai berikut:

1. Siti Noordjannah Djohantini (Ketua Umum PP Aisyiyah)

2 Dyah Siti Nur'aini  (Sekertaris Pimpinan Aisyiyah)

3. Siti Aisyah  (Ketua PP Aisyiyah)

4. Masyitoh Chusan  (Ketua PP Aisyiyah)

5. Shoimah  (Ketua PP Aisyiyah)

6 Atikah  (Ketua PP Aisyiyah)

7  Latifah  (Ketua Majelis Ekonomi)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement