Selasa 14 Jul 2015 10:34 WIB

Said Aqil Bantah Ada Intervensi Politik di Muktamar NU ke-33

Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj (kanan)
Foto: pbnu
Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) membantah adanya intervensi politik terkait dengan agenda Muktamar NU ke-33 di Jombang, Jawa Timur, 1-5 Agustus 2015.

"Dominasi partai politik tidak ada, kami mencari bantuan ke sana kemari, dari istana, pengusaha," kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj yang membantah rumor adanya keterlibatan partai politik dalam agenda itu, saat berada di Jombang, Senin (13/7).

Dia mengatakan, selama ini dalam persiapan kegiatan muktamar panitia berusaha dengan maksimal, terutama untuk masalah anggaran. Dari berbagai pengajuan, panitia mendapatkan dana bantuan untuk kegiatan tersebut, termasuk dari Istana, serta pengusaha.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf berharap kegiatan muktamar ini bisa berlangsung dengan lancar dan tertib. Ia pun juga mendengar rumor adanya keterlibatan partai, namun ia menampiknya.

Dia mengatakan, sejumlah bendera partai politik memang berkibar, namun hal itu dinilai sebagai bentuk partisipasi. Hal yang sama juga dilakukan baik oleh kelompok masyarakat, pengusaha, yang memberi ucapan dalam kegiatan muktamar agar berlangsung dengan lancar.

"Kami persilakan yang ingin berpartisipasi. Kami harapkan muktamar ya bendera NU, tapi jika yang lain ingin pasang silakan, asal sesuai tema," ujarnya.

Dia juga berharap, kegiatan muktamar di Jombang ini tidak seperti di Muktamar yang ke-32 di Makassar, yang sangat terlihat persaingan, salah satunya aksi dukungan pada salah satu calon untuk menjadi Ketua Umum PBNU.

Namun, jika saat pelaksanaan agenda muktamar nantinya penuh dengan berbagai macam dukungan, ia mengaku membiarkannya asalkan tidak di dalam area muktamar. Ia berharap, di area itu nantinya 'bersih'.

Sebelumnya, sejumlah Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Jombang mengatakan ada dugaan intervensi partai politik dalam agenda muktamar ini, dan berharap kegiatan Muktamar NU ini bebas dari hal tersebut.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Jombang Zulfikar D Ikhwanto mengatakan terdapat beberapa laporan yang ia terima adanya indikasi keterlibatan partai politik di agenda muktamar. Ia berharap, NU tetap sesuai dengan khittah-nya tidak terlibat dalam politik praktis.

Ia tidak memungkiri kader NU tersebar di semua tempat, termasuk dalam partai politik. Namun, ia meminta muktamar di Jombang ini netral dan bebas dari berbagai intervensi partai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement