Ahad 01 Mar 2015 18:14 WIB

'Daerah Urban Perlu Diperhatikan dari Aliran Sesat'

Rep: C08/ Red: Djibril Muhammad
Ketua DDII KH Syuhada Bahri (kiri).
Foto: Antara
Ketua DDII KH Syuhada Bahri (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Dakwah Islamiah Indonesia (DDII), Syuhada Bahri mengatakan saat ini, kerawanan pengaruh terhadap umat Islam dari aliran sesat dan misionaris tidak hanya di daerah pedalaman, tetapi juga di wilayah urban seperti perkotaan di ruang lingkup Jabodetabek.

Syuhada menyebut, tantangan menjaga keimanan masyarakat Islam perkotaan sama beratnya dengan situasi di wilayah pedalaman daerah. Sebab, persoalan umat Islam tak lagi mengenai pendekatan ekonomi, melainkan melalui berbagai pemikiran-pemikiran yang sulit dipilah umat Islam secara awam.

"Memang berbeda-beda tantangannya ya kalau dengan perkotaan. Karena di perkotaan masalah tak lagi dalam segi ekonomi, tetapi lebih kepada pertarungan pemikiran," kata Syuhada saat ditemui Republika Aula Masjid Al Furqon Keramat Raya Jakarta Pusat, Ahad (1/3).

Namun, dunia dakwah Islam kata Syuhada tentu berkewajiban untuk terus membimbing masyarakat dari apapun bentuk upaya penyebaran pengaruh agama lain maupun aliran sesat.

DDII kata Syuahada akan terus mendorong dai-dai agar terus bekerja keras untuk menangkis pemikiran-pemikiran yang dapat menjerumuskan umat Islam.

Melalui pertemuan di rapat kerja nasional DDII yang selesai hari ini, Syuhada menyebut DDII akan mempersiapkan upaya nyata untuk terus memelihara keyakinan umat.

Cara pertama adalah dengan edukasi ke seluruh masyarajat, kedua adalah dengan mekakukan advokasi terhadap persoalan-persoalan yang punya ruang lingkup lebih besar.

"Da'i sebagai ujung tombak kami akan terus kami persiapkan. Karena tantangan untuk umat Islam harus kita jawab," ujar Syuhada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement