Jumat 12 Dec 2014 13:36 WIB

Menag: Silakan Bagi yang Ingin mengucapkan Selamat Natal, tapi...

Rep: C60/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Menteri Agama Lukman hakim Saifuddin.
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Menteri Agama Lukman hakim Saifuddin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mempersilahkan semua kalangan untuk mengucapkan ucapan selamat hari natal kepada kaum Nasrani. Dia juga mengimbau semua kalangan menghormati golongan yang tidak mengucapkan ucapan tersebut.

Bagi yang ingin mengucapkan, ucapan selamat ya kita hormati karena keyakinannya membolehkan. Tapi bagi yang tidak, umat kristiani diharapkan memahami tidak perlu berkecil hati,” ujar Lukman Hakim Saifudin, dalam di Kantor Kemenag, Kamis (11/12).

Dia mengakui bahwa di dalam agama Islam khususnya, terdapat perbedaan pandangan mengenai bentuk penghormatan terhadap perayaan agama lain. Untuk itu, dalam menanggapi perbedaan tersebut, semua kalangan diminta untuk saling menghormati dan tidak saling menyalahkan.

“Jadi di internal Islam sendiri terdapat pemahaman beragam. Jadi jangan saling memaksakan apalagi saling menyalahkan,” ujarnya.

Secara gamblang, dia menjelaskan bahwa tolerasni adalah kesaradan untuk memahami dan mengerti akan perbedaan. Toleransi, kata dia, mewujud kepada sikap saling menghormati dan menghargai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement