Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Alquran Bantu Ayah Besarkan Anak Lewati Masa Sulit

Jumat 05 Dec 2014 03:43 WIB

Rep: c16/ Red: Mansyur Faqih

Alquran

Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Sama-ae Rengma (67 tahun), guru agama di Narathiwat, Thailand menerapkan ajaran Alquran dalam mengasuh empat anaknya. Berkat ajaran Alquran, kini anak-anaknya tumbuh menjadi orang sukses. Meskipun saat masih kanak-kanak mereka melalui masa yang sulit.

The Nation, Jumat (5/12) melaporkan, Sama-ae merupakan salah seorang yang mendapat penghormatan di acara Suan Amporn Bangkok dalam rangka peringatan Hari Ayah Nasional. Ia menerima kehormatan tersebut pada momen perayaan ulang tahun rajanya.

Bersama istrinya Harima (62), Sama-ae membesarkan anak-anak mereka di sebuah rumah dekat Masjid Khoi Riya, Tambon Bango Sato, distrik Rangae .

"Ayah adalah yang pertama bagi kami dengan atau tanpa penghargaan ini. Dia inspirasi kami. Ia tidak mengecap pendidikan resmi, namun ia menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam mendidik kami," kata anak sulung Sama-ae, Lukman Rengma (45) yang bekerja sebagai apoteker spesialis di Rumah Sakit Rusoh.

Lukman yang merupakan lulusan Universitas Songkla itu bercerita, saat ia dan saudara-saudaranya masih kecil, sang ayah selalu mengajarkan mereka dan 50 warga lainnya membaca Alquran setiap malam.

"Ketika kami menghadapi sebuah masalah, ayah akan menyarankan kami untuk membaca Alquran dan menerapkan ajaran-ajarannya ke kehidupan nyata," jelasnya.

Dr Adul Rengma (42), putra kedua Sama-ae berprofesi sebagai direktur Rumah Sakit Yi-Ngor Chalermphrakiat. Ia mengatakan, masa kecilnya dihabiskan di sebuah gubuk yang terbuat dari bambu di dekat perkebunan karet kecil.

Saat itu, ia bercerita, keluarganya mengalami kesulitan ekonomi yang luar biasa. Sehingga saat membutuhkan uang untuk biaya sekolah, ayahnya menjual sapi dan menggadaikan perkebunan milik mereka. 

Dengan pendidikan yang rendah, Sama-ae mengaku tidak bisa membantu anak-anaknya dalam urusan sekolah. Namun, ia bisa menggunakan ajaran Islam untuk membimbing anak-anaknya. 

Arroha Ma-ke (31), putri bungsunya yang bekerja sebagai seorang perawat, mengaku terinspirasi dari ayahnya. Ia belajar keras seperti kedua kakaknya. Begitu juga dengan saudara bungsunya yang berhasil meraih gelar bisnis dari Universitas Ramkhamhaeng.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA