Senin 29 Aug 2011 19:48 WIB

Warga Muhammadiyah Madura Shalat Idul Fitri di Enam Titik

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPANG - Warga Muhammadiyah di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur akan menggelar shalat Id di enam titik di wilayah itu pada Selasa (30/8).

"Kami menyediakan sebanyak 30 personel guna mengamankan shalat Idul Fitri yang akan digelar Muhammadiyah besok," kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Sampang Kompol Danuri, Senin (29/8) malam.

Keenam lokasi itu masing-masing di lapangan Wijaya kusuma Sampang, Desa Dharma, Kecamatan Camplong, Lapangan Desa Tanjung, Desa Krampon, lapangan Desa Ketapang Barat dan lapangan Desa Bringkoneng, Sampang.

Menurut Kompol Danuri, lokasi shalat Idul Fitri warga Muhammadiyah di Kabupaten Sampang ini, sesuai dengan pemberitahuan yang disampaikan kepada jajaran Polres Sampang.

"Kalau ormas Islam lainnya sampai saat ini belum ada pemberitahuan kepada kami di Mapolres Sampang," katanya menjelaskan.

Penetapan tanggal 1 Syawal 1432 Hijriah yang dilakukan ormas Islam Muhammadiyah kali ini berbeda dengan ormas Islam lainnya semisal Nahdlatul Ulama (NU). Sementara selepai waktu berbuka puasa, sejumlah masjid dan mushalla di kota Bahari ini sudah mengumandangkan takbir.

Kabag Ops Kompol Danuri berharap, meski penetapan 1 Syawal 1432 Hijriah kali ini berbeda antarsesama umat Islam, namun hal itu diharapkan tidak akan menjadi permusuhan.

"Ini kan persoalan keyakinan. Jadi kami berharap tidak terlalu dibesar-besar dan umat Islam bisa saling menghargai adanya perbedaan keyakinan ini," kata Kompol Danuri menjelaskan.

Danuri menambahkan, secara keseluruhan petugas yang diterjunkan guna mengamankan Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriah kali ini sebanyak 250 personel lebih, gabungan dari personel polisi, TNI, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Sampang.

Polisi, kata dia, juga meminta bantuan petugas medis dari Dinas Kesehatan Sampang, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Pramuka yang ada di wilayah itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement