Sunday, 12 Jumadil Akhir 1440 / 17 February 2019

Sunday, 12 Jumadil Akhir 1440 / 17 February 2019

Banyak Jalan Menuju Surga

Sabtu 19 Jan 2019 06:06 WIB

Red: Agung Sasongko

Surga (ilustrasi)

Surga (ilustrasi)

Foto: blogspot.com
Untuk mencapai surga, ada berbagai cara yang bisa dilakukan seorang Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sebagai pengikut Nabi Muhammad shalallahu alahi wassalam, satu-satunya yang menjadi cita-cita pastilah masuk surga. Untuk mencapai surga, ada berbagai cara yang bisa dilakukan seorang Muslim. Ustaz Ali Hasan Bawazier dalam kajiannya belum lama ini di Masjid Baitul Hakim mencontohkan beberapa cara yang bisa dilakukan agar umat bisa masuk ke surga.

Salah satu yang dicontohkan adalah bersiwak. Bersiwak atau membersihkan mulut dengan ka yu dari pohon araak ini memiliki banyak keutamaan. Aktivitas sunah ini sangat disukai Rasulullah shalallahu alahi wassalam. Perihal bersiwak, menurut Ustaz Ali, termasuk salah satu cara untuk mewujudkan hal yang dimuliakan Islam. Islam adalah agama yang sangat memuliakan kebersihan.

"Salah satu syiarnya Islam adalah kebersihan dan bersuci," ujar dia.

Dalam HR Muslim, Rasulullah shalallahu alahi wassalam bersabda, "Kebersihan sebagian dari iman." Nabi menegaskan, dengan menjaga kebersihan, itu sudah separuh dari iman. Namun, kebersihan yang dituntut bukan hanya lahiriah atau fisik, melainkan juga batin. Dalam surah al-Baqarah ayat 222, Allah berfirman, "Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang ber tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri."

Dalam salah satu hadis sahih, Nabi menjelaskan tentang keutamaan bersiwak. "Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhai oleh Allah." Ustaz Ali menjelaskan, ridha Allah merupakan hal yang dicari oleh umat di muka bumi. Dengan menja lankan apa-apa yang disenangi Allah, umat telah satu langkah menuju surga.

Saking gemarnya Nabi dalam bersiwak, dalam HR Bukhari, Nabi Muhammad pernah mengatakan, "Kalau seandainya aku tidak khawatir hendak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali hendak shalat." Maka dengan itu, bersiwak menjadi hal sunah dan tidak wajib dilakukan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Penutupan Tanwir Muhammadiyah

Ahad , 17 Feb 2019, 21:30 WIB