Selasa 18 Dec 2018 22:37 WIB

Tuliskan Utang Piutang

Jangan sepelekan utang piutang.

Memberi uang, dan membayar hutang (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron
Memberi uang, dan membayar hutang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jangan sepelekan utang piutang. Ketika utang piutang terjadi antara pihak-pihak yang telah saling mengenal baik sebelumnya, seperti antarsaudara, kerabat, atau sahabat, mereka cenderung menggampangkan. Maka tak jarang, akad utang-piutang cukup disampaikan secara lisan, bahkan bisa jadi hanya dengan beberapa kata yang teruntai lewat SMS.

Namun, Islam tidak mengajarkan demikian. Mari cermati Alquran surah al-Baqarah ayat 282:  "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkannya, maka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berutang itu mengimlakan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Rabbnya, dan janganlah ia mengurangi sedikit pun daripada utangnya. Jika yang berutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah (keadaannya) atau dia sendiri tidak mampu mengimlakan, maka hendaklah  walinya mengimlakan dengan jujur ..."

 

Begitulah, utang piutang wajib dilakukan dengan sikap amanah dan tertulis secara terperinci. Misalnya, menulis nama yang berutang, nama yang berpiutang, jumlah utang, tanggal berutang, tanggal pelunasan, cara pelunasan, dan lain-lain. Harus pula dibubuhkan tanda tangan orang yang berutang sehingga tidak terjadi penipuan  yang bertujuan menghilangkan hak si pemilik harta.

Ensiklopedia Adab Islam, Menurut Alquran dan As-Sunnah juga menyebutkan, ketika utang piutang dilakukan, harus pula disaksikan dua orang  yang adil dan dapat dipercaya karena hal itu lebih menguatkan penulisannya. Selain itu, disertai pula dengan membubuhkan tanda tangan saksi-saksi yang ada.

sumber : Dialog Jumat Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement