Senin, 11 Rajab 1440 / 18 Maret 2019

Senin, 11 Rajab 1440 / 18 Maret 2019

Wapres akan Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kantor PP DMI

Jumat 23 Nov 2018 11:21 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Andi Nur Aminah

Jusuf Kalla

Jusuf Kalla

Foto: AP/ Olivier Matthys
Kantor pimpinan pusat DMI yang dibangun berada di Jalan Matraman, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Grand Sahid Jaya pada 23 hingga 25 November 2018. Rakernas tahun ini mengusung tema Penguatan Implementasi Program DMI untuk Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid.

Wakil Ketua Steering Committee (SC) Rakernas I DMI, Muhammad Natsir Zubaidi mengatakan, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan membuka acara Rakernas dan memberikan sambutan di depan sekitar 250 peserta Rakernas dan undangan khusus. Usai pembukaan Rakernas, acara akan dilanjutkan dengan ground breaking peletakkan batu pertama pembangunan Masjid dan Kantor PP DMI di Jalan Matraman, Jakarta.

 

"Wapres Jusuf Kalla akan menuju ke Jalan Matraman Raya bersama Ketua-Ketua Pimpinan Wilayah DMI se-Indonesia," kata Natsir melalui keterangan tertulis kepada Republika, Jumat (23/11).

Sekretaris Pengarah Rakernas, Munawar Fuad mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan masjid dan kantor DMI akan menjadi momentum bersejarah. "Sebuah pusat dan sentra membangun peradaban Islam berbasis masjid akan dikembangkan melalui gedung pusat DMI," ujarnya.

Sejumlah narasumber akan hadir di Rakernas I DMI. Di antaranya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI, Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin yang juga menjabat Wakil Ketua Umum PP DMI. Kemudian Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkomimfo), Rudiantara yang juga Ketua PP DMI dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Abdul Djali yang juga Ketua PP DMI.

Tema materi yang akan disampaikan Waketum PP DMI adalah pengarahan dan informasi tentang organisasi PP DMI. Menkominfo akan menyampaikan materi bertema program akselerasi sistem teknologi informasi dan digitalisasi dalam memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Materi yang disampaikan Menteri ATR BPN adalah program akselerasi sertifikasi dan sosialisasi kepemilikan masjid.

"Pak Rudiantara juga akan menyampaikan seputar program penataan akustik (sound system) masjid, penyusunan buku panduan arsitektur masjid, desain arsitektur masjid tahan gempa, masjid ramah anak, remaja, lanjut usia dan difabel," ujarnya.

Kegiatan Rakernas I DMI akan ditutup oleh Wapres Jusuf Kalla pada Ahad (25/11) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Wapres juga akan mengukuhkan kepengurusan dua badan otonom DMI yakni Badan Pembina Taman Kanak-Kanak Islam (BPTKI) dan Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) DMI.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA