Jumat 16 Nov 2018 18:05 WIB

JK akan Hadiri Perayaan Milad Ke-106 Muhammadiyah

Milad ke-106 Muhammadiyah mengambil tema

Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) rencana menghadiri puncak perayaan Milad ke-106 Muhammadiyah 2018 secara Nasional. Milad akan digelar di Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah, Ahad (18/11). "Persyarikatan Muhammadiyah akan memberikan penghargaan kepada Jusuf Kalla pada acara itu," kata Wakil Sekretaris Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Surakarta, Mohamad Ali di Solo, Jumat (16/11).

Wapres diberikan penghargaan tersebut karena JK dianggap telah memberikan kontribusi yang besar bagi Muhammadiyah baik di wilayah Sulawesi maupun tingkat nasional. Ia menambahkan pada acara tersebut diisi dengan refleksi yang dipimpin langsung Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir. Pada Milad ke-106 ini, mengambil tema "Ta'awun untuk Negeri".

Mohamad Ali mengatakan, tema itu, maknanya Muhammadiyah ingin lebih banyak ta'awun atau berbagi kepada negeri ini, untuk kemajuan dan mencerdaskan bangsa. Menurutnyai proses milad akan dilaksanakan sesederhana mukin. Muhammadiyah tidak akan bicara soal politik, tetapi semangat ta'awun. Pihaknya menilai negeri sedang tertimpa banyak masalah, maka perlu refleksi.

Dia mengemukakan momentum perayaan milad itu merupakan pemanasan menjelang Muktamar Muhammadiyah ke-48 pada 2020.  Muktamar itu, akan digelar di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Pabelan Sukoharjo.

 

Pihaknya mulai fokus kegiatan Muhammadiyah secara nasional banyak digelar di Solo, mulai 2018 hingga 2020. Dia menjelaskan PDM Surakarta bakal menggelar upacara milad di Kompleks Benteng Vastenburg Solo, pada Ahad (18/11) pagi.  Para Pimpinan Wilayah Muhammadiyah kemudian mengadakan konsolidasi internal di UMS Surakarta.

"Panitia dalam acara puncak perayaan Milad Muhammadiyah akan mengundang sebanyak 4.000 orang. Selain Wapres, juga sejumlah Menteri Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan akan hadir. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga akan hadir dalam acara itu," terangnya.

Selain itu, panitia Milad Muhammadiyah juga bakal mengundang pimpinan partai politik (parpol), para duta besar negara asing, dan tamu undangan lainnya. Seperti para pengurus Muhammadiyah, para Rektor Universitas Muhammadiyah se-Indonesia, dan Direktur RS PKU Muhammadiyah.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement