Rabu 17 Oct 2018 18:22 WIB

World Zakat Forum 2018 Buka Pendaftaran Peserta

WZF 2018 akan diselenggarakan di Melaka, Malaysia pada 5 hingga 7 November 2018.

Rep: Novita Intan/ Red: Andi Nur Aminah
Zakat.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Zakat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- World Zakat Forum (WZF) membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menjadi peserta dan mengikuti kegiatan WZF 2018 International Conference yang akan diselenggarakan di Melaka, Malaysia pada 5 hingga 7 November 2018. Wakil Direktur Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Muhammad Hasbi Zaenal mengatakan, acara ini terbuka untuk masyarakat yang ingin terlibat aktif dalam diskusi zakat dunia.

"Peserta terbuka dari mana saja, mulai dari pimpinan praktisi lembaga zakat sedunia, pimpinan daerah dan dinas terkait, akademisi dan peneliti, mahasiswa, dan umum. Masyarakat juga diberi kesempatan untuk mengirim papernya," katanya dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (17/9).

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Baznas berfungsi sebagai Sekretariat WZF bekerja sama dengan Pusat Zakat Melaka dan Center for Islamic Philantrophy and Social Finance of Universiti Teknologi Mara (CIPSF-UiTM).

  

WZF 2018 International Conference mengangkat tema utama "Penguatan Kerja Sama Zakat Global dalam Peningkatan Kesejahteraan Umat". Para peserta juga akan terlibat dalam pembahasan topik-topik lain, seperti tentang manajemen risiko untuk lembaga zakat, fikih zakat kontemporer, penguatan peran forum zakat dunia dan zakat untuk Sustainable Development Goals (SDGs).

Pembicara dari beberapa negara juga dijadwalkan hadir, di ataranya Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Mujahid Yusof Rawa dari Malaysia, Darkhan Kaletayev dari Kazakhstan serta Awang Badaruddin bin Awang Othman dari Brunei Darussalam. "Pendaftaran peserta lebih lanjut dapat menghubungi http://baznas.go.id/worldzakatforum2018. Paper yang terpilih akan dipublikasikan pada waktu konferensi," kata Hasbi.

World Zakat Forum merupakan organisasi yang menghubungkan para ahli, periset dan akademisi serta organisasi yang berkomitmen dalam kemajuan zakat dunia. Konferensi pertama WZF diselenggarakan di Yogyakarta pada 2010 lalu. WZF diharapkan mampu menjadi solusi permasalahan yang sangat dinamis dalam dunia islam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement