Sabtu 22 Sep 2018 10:01 WIB

Ustaz Abdul Somad Disambut Antusias di Sorong dan Raja Ampat

Ustaz Abu Somad melakukan safari dakwah ke Papua Barat hingga Ahad (23/9).

Rep: muhammad subarkah/ Red: Muhammad Subarkah
Ustadz Abdul Somad tiba di kepulauan Raja Ampat, Papu Barat, (22/9).
Foto: Ahmad Nausrau
Ustadz Abdul Somad tiba di kepulauan Raja Ampat, Papu Barat, (22/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG — Meski kerap mendapat persekusi dari sekelok orang, dakwah ustaz Abdul Somad terus melaju. Bahkan, kedatangannya disambut begitu antusias ketika tiba di Sorong, Papua Barat.

“Silaturahim itu mendatangkan keberkahan, kebaikan, kemaslahatan dan kemudahan rezeki. Alhamdulillah pada hari ini masyarakat Papua Barat khususnya Ummat Islam di Kota Sorong dan Kab. Raja Ampat mendapatkan kunjungan dan silaturahim dari salah satu Da'i Kondang asal Riau, Ust. Abdul Samad Batubara, LC., MA,’’ kata Ahmad Nausrau, Ketua MUI, Papua Barat, di Raja Ampat, Sabtu 22/9.

Menurutnya, ‘Hafidzahullah’ yang nasehat dan tausiyahnya sangat menyejukkan, tegas dan penuh makna begitu ditunggu umat Muslim di Sorong. Ini terbukti dengan kedatangan Ustadz Kondang yang biasa disapa UAS ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat.

“Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang datang ke Bandara DEO Sorong untuk menjemput beliau. Bahkan disambut dengan tarian adat Papua,’’ ujarnya.

 

Nasrau mengatakan, pihaknya sangat bersyukur kedatangan ustad Abdus Somad di Papau barat berjalan lancar. Situasinya kondusif.

“Alhamdulillah beberapa saat setelah tiba di Kapal cepat Express Belibis 8 yang akan mengantar kami ke Raja Ampat, ternyata Pak Kapolda Papua Barat Barat beserta lbu dan rombongan dari Mapolda Papua Barat serta Bupati Raja Ampat jug menumpang kapal yang sama. Kesempatan yang sangat baik ini kami manfaatkan untuk bersilaturahmi dan berpose bersama. Jadi suasananya sangat baik,’’ ujarnya.

photo
Ustaz Abdul Somad (tengah), Ahmad Nusrau (Ketua MUI Papua Barat, kiri), dan DR Mulyadi Djaya (anggota MUI Papua Barat). Foto ini dilakukan daam perjalanan naik kapal cepat menjuru Raja Ampat dari kota Sorong, pagi ini (2/9).

Anggota MUI Papau Barat yang juga dosen Universitas Papua yang ada di Manokwari, DR Muyadi Djaya, mengatakan hal yang sama. Kedatangan ustaz asal Riau tersebut disambut meriah.

‘’Hari ini memang rencanya UAS akan menggelar tausiyah di Raja Ampat, Dan kami ini sudah tiba dengan berada di dermaga Raja Ampat setelah menyeberang dari kota Sorong. Besok akan balik kembali dari Raja Ampat ke Sorong untuk melanjutkan safari dakwah UAS di Papua Barat,’’ tegasnya.

Seperti diketahui masyarakat Muslim itu sangat banyak di Papua Barat, termasuk di kota Sorong. Mereka hidup berdampingan dengan damai dengan umat beragama lain. Bahkan sekolah dan  universitas milik Perguruan Muhammadiyah mayoritas siswa dan mahasiswanya adalah  beragama non Islam. Mereka tetap dapat belajar dengan tenang dan tak ada persoalan apa pun terkait soal beda keyakinan itu. Salah seorang anggota PP Muhammaduyah, Abdul Mu’ti, bahkan menuangkan keadaan ini dalam sebuah disertasi.

Selain itu, MUI Papua Barat setiap Ramadhan tiba menggelar acara safari dakwah keliling yang menjangkau seluruh pelosok wilayah Papua Barat. Mereka mengunjung berbagai tempat dan lokasi tempat tinggal umat Islam yang tersebar di daerah terpencil.

‘’Kegiatan safari dakwah MUI sudah dilakukan bertahun-tahun. Dan sekarang dengan adanya kedatangan UAS kami makin bersemanat,’’ kata Mulyadi Djaya.

photo
Ketua MUI Papa Barat (kanan), Ustaz Abdul Somad, dan Kapolda Papua Barat dan Bupati Raja Ampat di dalam kapal cepat ketika hendak menuju Raja Ampat dari Sorong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement