Kamis 20 Sep 2018 21:49 WIB

Pesantren Mahasiswa Perlu Digalakkan

saat ini sudah banyak kampus yang memiliki pesantren sendiri.

Rep: mgrol113/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Pesantren Mahasiswa
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Pesantren Mahasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Geliat pesantren mahasiswa di sejumlah kampus patut diapresiasi. Direktur Pusat Kajian Hadist Jakarta, Ustaz Ahmad Lutfi Fathullah menilai pesantren mahasiswa harus lebih digalakkan.

“Dengan adanya pesantren mahasiswa ini, dapat mengontrol pergaulan dan pemikiran mahasiswa agar tidak liar,” kata dia, Kamis (20/7)

Ia melanjutkan, saat ini sudah banyak kampus yang memiliki pesantren sendiri. Pesantren mahasiswa sendiri memiliki fokus untuk mengembangkan wawasan keagamaan bagi mahasiswa.

Pendalaman ilmu-ilmu agama seperti Fiqh, Bahasa Arab, dan sebagainya menjadi materi yang difokuskan dalam pesantren mahasiswa.

Rektor Institut Ilmu Al-Qur'an , Ahsin Sakho menyebut pesantren mahasiswa adalah sarana yang ideal untuk mengembangkan dakwah Islam yang rahmatan lil ‘alamin di dunia perkuliahan.

“Pesantren Mahasiswa merupakan wujud integrasi antara ilmu akademis dan juga ilmu pesantren.” katanya.

Selain itu, katanya, pesantren mahasiswa juga menimbulkan dampak positif bagi kondisi spiritual mahasiswa. “Salah satu tujuannya yaitu menanamkan nilai-nilai religi yang dimiliki santri bagi mahasiswa yang kuliah,”ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement