Sabtu 15 Sep 2018 00:38 WIB

Ma'ruf Amin Besuk Sahabat Lama, Kiai Syukron Ma'mun

Pertemuan keduanya terjadi di sela kesibukan Ma'ruf blusukan ke berbagai daerah.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Andi Nur Aminah
Rais 'Aam PBNU Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers di gedung PBNU, Jakarta, Kamis (9/8).
Foto: Hafidz Mubarak/Antara
Rais 'Aam PBNU Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers di gedung PBNU, Jakarta, Kamis (9/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KH Ma'ruf Amin (KMA) menjenguk sahabat lama yang sekaligus pengasuh pondok pesantren Daarul Rahman Jakarta, KH Syukron Ma'mun di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jumat (14/9). Pertemuan kedua sahabat itu terjadi di sela-sela kesibukan KMA blusukan ke berbagai daerah. Saat baru mendarat di Jakarta, KMA langsung meluncur ke Pondok Indah.

"Seusai kunjungan Ke Jambi, Abah (KMA) mendengar kabar bahwa Kiai Syukron sedang dirawat. Abah langsung meminta supir pribadinya untuk singgah ke RSPI sebelum pulang ke Koja," ujar Koordinator Asisten Rais Amm PBNU, Mashudi Abdurrahman, Jumat (14/9) malam.

Cak Uday, sapaan akrab Mashudi mengatakan, kunjungan KMA ke RSPI tak terkait urusan politik. Namun untuk keperluan silaturahim semata antar sahabat lama. "Beliau menjenguk secara pribadi. Hanya bersama keluarga, tidak didampingi asisten dan ajudan," tambahnya.

Menurut KH Muhammad Faiz Syukron Ma'mun, putera dari Kiai Syukron, KMA tiba di RSPI sekitar pukul 20.00 WIB. "Mereka langsung berbincang akrab, karena kebetulan, Kiai Syukron juga sudah sehat, dalam masa pemulihan," kata dia.

Saat berbincang, KMA dan Kiai Syukron juga sempat bernostalgia dengan berbahtsulmasail persoalan keumatan dilihat dari kacamata fiqih mereka berdua. Selain itu, keduanya juga berbincang tentang kitab kuning khas NU yang membuat mereka seakan lupa jika Kiai Syukron sedang dalam masa pemulihan dan KMA yang baru pulang dari perjalanan jauh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement