Kamis 02 Aug 2018 15:47 WIB

Kiai Ma'ruf Ajak Umat Berkurban Lewat Lembaga

Berkurban melalui lembaga manfaatnya lebih luas dibandingkan berkurban sendiri.

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah
Kiai Ma'ruf Amin
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Kiai Ma'ruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Ma'ruf Amin mengajak umat Islam untuk berkurban melalui lembaga. Karena, menurut dia, berkurban melalui lembaga memiliki manfaat yang lebih luas dibandingkan berkurban sendiri.

"Kurban itu bisa lewat lembaga. Karena lembaga itu ketika mengumpulkan kurban lebih merata ke daerah-daerah," ujar KH Ma'ruf saat ditemui Republika.co.id belum lama ini di Kantor MUI Pusat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat.

KH Ma'ruf menilai berkurban lewat sebuah lembaga juga lebih efektif dibandingkan dengan berkurban sendiri. Menurut dia, berkurban sendiri hanya dibagikan kepada orang-orang yang dikenal saja atau orang di sekitarnya. Sedangkan lewat lembaga bisa membantu orang-orang yang memang sangat membutuhkan. 

"Kalau kurban sendiri itu langsung yang dia kenal saja. Tapi kalau lewat lembaga, mungkin lembaga itu tahu petanya orang-orang yang memerlukan dalam susana kurban. Saya kira lebih efektif," kata KH Ma'ruf.

Selain itu, KH Ma'ruf juga mengimbau kepada umat Islam yang mampu agar tidak lupa untuk memotong hewan kurban. Karena, menurut dia, berkurban di Hari Raya Idul Adha memiliki nilai ibadah yang tinggi.

"Pertama umat Islam supaya yang mampu jangan tidak berkurban. Sebab itu punya nilai ibadah tinggi sekali dan punya nilai sosial yang tinggi. Masih banyak orang-orang kita yang perlu," jelas Rais Aam PBNU ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement