Kamis 26 Jul 2018 10:15 WIB

Sambut Idul Adha, Pameran Hewan Ternak Digelar di Jakarta

pameran digelar di Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur, Jumat (27/7).

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Pemeriksaan hewan kurban.   (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pemeriksaan hewan kurban. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang Hari Raya Idul Adha 2018, event organizer yang bernaung di bawah lembaga Global Wakaf Corporation (GWC)-Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang bernama Dyakarra akan menggelar kegiatan Pameran Hewan Ternak di kawasan Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur, Jumat (27/7).

Event swadaya murni dari kepesertaan stan dan sponsorship ini berlokasi tidak jauh dari perempatan McD Duren Sawit. Inisiator program yang juga direktur Dyakarra, Omar Satriyo mengatakan, pameran ini akan diikuti sejumlah industri peternakan, dinas peternakan, bazaar kuliner dan produk-produk UKM turunan dari hewan ternak, serta kegiatan edukasi peternakan halal.

"Optimalisasi BKT sebagai destinasi wisata unggulan di Jakarta Timur adalah dengan memperbanyak aktifitas event berbasis industri kreatif, baik budaya, olahraga, kuliner, fashion, serta komunitas-komunitas hobi yang melibatkan warga Jakarta Timur dan sekitarnya," ujar Omar dalam siaran persnya, Kamis (26/7).

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara lembaga kemanusiaan global ACT, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Dyakarra Multi Convex dan Ikatan Alumni Fakultas Peternakan Pertanian Universitas Diponegoro serta didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI dan Suku Dinas terkait.

"Potensi permintaaan pasar akan konsumsi daging halal terus meningkat setiap tahun, khususnya kebutuhan akan hewan kurban. Ini menjadi perhatian kami untuk memberikan edukasi terbaik kepada publik agar memahami seperti apa hewan ternak yang baik dan halal itu," jelas Omar.

Kegiatan ini sendiri akan dilaksanakan dari tanggal 27 hingga 29 Juli 2018. Vice President ACT, Iqbal Setyarso mengapresiasi program yang baru pertama diselenggarakan di Jakarta terkait dengan pameran produk ternak halal tersebut. "Semoga bisa menjadi sumber informasi mencerahkan bagi masyarakat terkait apa dan bagaimana itu peternakan halal," ucap Iqbal

Kegiatan dalam pameran ini akan dibagi dua zona, non kuliner dan kuliner. Non kuliner akan diisi pameran hewan ternak dari industri-industri peternakan, industri yang berhubungan dengan pemanfaatan dan kebutuhan hewan ternak serta kegiatan edukasi ternak. Sedangkan di zona kuliner akan diisi oleh sejumlah UKM kuliner yang mengolah panganan berbahan dasar dari daging ternak yang halal seperti sosis, kornet, baso dan lain-lain.

Selain itu, kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan kegiatan edukasi anak seperti lomba mewarnai dan menggambar, panggung hiburan dan kesenian serta edukasi untuk memasyarakatkan aplikasi investasi online di bidang peternakan yang mudah dan praktis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement