Ahad 22 Jul 2018 06:36 WIB

Ini 4 Kunci Sukses Mendidik Anak Menurut Ulama

Perbanyak doa, serius, tawakal dan bersyukur.

Pengawas Sekolah Prestasi Global, Ustaz Abi Maky memberikan pembekalan kepada para orang tua murid KB-TK dan SD.
Foto: Irwan Kelana/Republika
Pengawas Sekolah Prestasi Global, Ustaz Abi Maky memberikan pembekalan kepada para orang tua murid KB-TK dan SD.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Semua orang tua mendambakan anak-anaknya menjadi orang-orang yang sukses. Tidak hanya sukses di dunia, melainkan juga di akhirat.

Terkait hal tersebut, da’i kondang yang juga pengawas Sekolah Prestasi Global, Ustaz Abi Maky memberikan resepnya. “Kalau ingin anak-anak kita menjadi orang-orang yang sukses di dunia dan akhirat, ini ada empat resep menurut ulama,” kata Ustaz Abi Maky saat memberikan pembekalan kepada para orang tua murid KB-TK dan SD Prestasi Global di Sekolah Prestasi Global, Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (21/7).

Ia menyebutkan, pertama, perbanyak doa untuk anak. “Tiap lihat anak dan ingat wajah anak, langsung doakan anak agar menjadi orang yang saleh dan sukses di dunia dan akhirat.  Misalnya, semoga anak saya menjadi dokter yang saleh, tentara yang saleh, pengusaha yang saleh, ulama yang saleh dan sebagainya. Intinya, perbanyaklah doa untuk anak,” ujarnya.

Kedua, serius ingin menjadikan anak saleh dan sukses. “Allah akan jadikan anak-anak kita saleh dan sukses, kalau kita memang betul-betul serius mengikhtiarkannya, diringi doa yang juga sangat serius  kepada Allah,” tuturnya.

Ketiga, tawakal kepada Allah. “Kita berikhtiar sebaik mungkin, dan berdoa dengan penuh kesungguhan, lalu kita hiasi dengan tawakal kepada Allah. Kalau kita tawakal kepada Allah, maka Allah yang akan mengaturnya,” paparnya.

Keempat, tidak kalah pentingnya adalah senantiasa bersyukur kepada Allah. “Hendaklah kita selalu bersyukur kepada Allah atas anugerah anak yang Allah berikan kepada kita. Bersyukur kepada Allah  juga merupakan hal yang sangat penting dalam mendidik anak-anak kita agar menjadi orang-orang yang saleh dan sukses di dunia dan akhirat,” ujar Ustaz Abi Maky.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement