Jumat 20 Jul 2018 11:21 WIB

Ini Amalan Paling Utama di Hari Jumat

Jangan putus baca shalawat.

Syekh Muhammad bersama para siswa SMA Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor.
Foto: Dok SBBI
Syekh Muhammad bersama para siswa SMA Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Hari Jumat merupakan hari paling mulia. Hari Jumat digelari sayyidul ayyam (penghulunya hari-hari dalam seminggu).

Islam sangat memperhatikan keutamaan hari Jumat. Rasulullah mengajarkan umatnya agar memaksimalkan hari Jumat, yang dimulai sejak Kamis malam waktu Maghrib sampai Jumat malam waktu Maghrib.

Lalu, amalan apakah yang terbaik dilakukan pada hari Jumat tersebut? Menurut Syekh Muhammad Jabeer, baca shalawat.

“Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari Jumat. Dan amalan yang paling afdhal dibaca pada hari Jumat, sejak Kamis Maghrib sampai Jumat Maghrib adalah membaca shalawat,” kata Syekh Muhammad Jabeer saat mengisi acara halal bihalal SMA Bosowa Bina Insani di kampus Bosowa Bina Insani, Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/7).

Karena itu, kata hafizh dan imam asal Madinah itu, selayaknya umat Islam memperbanyak shalawat pada hari Jumat. “Jangan putus membaca shalawat. Di  mana saja. Di masjid, di rumah, di kendaraan, di kantor, pendek kata di mana pun berada,” tuturnya.

photo
Syekh Muhammad bersama para guru SMA Bosowa Bina Insani dan pengurus PABBI SMA BBI.

Acara halal bihalal tersebut diinisiasi oleh Parents Association Bosowa Bina Insani (PABBI) SMA BBI. “Halal bihalal kali ini mengusung tema ‘Makna Cinta Dalam Bingkas Ridho Ilahi’. Kami mengundang nara sumber, imam dan da’i asal Madinah, Syekh Muhammad Jabeer. Semoga apa yang beliau sampaikan menjadi bekal bagi anak-anak kita, para siswa SMA BBI agar menjadi orang-orang yang bertakwa,” kata Ketua PABBI SMA BBI, Nevita.

Kepala SMA Bosowa Bina Insani, Dedi Supriyadi mengapresiasi acara halal bihalal tersebut. “Kita awali kegiatan belajar-mengajar setelah libur Ramadhan dan Idul Fitri dengan halal bihalal. Insya Allah ini menjadi sesuatu yang baik. Kalau sesuatu dimulai dengan niat yang baik dan cara yang baik, insya Allah hasilnya pun baik,” ujar Dedi Supriyadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement