Kamis 19 Jul 2018 22:49 WIB

Hasna, Wakil Indonesia Jadi Juara MTQ Internasional

Hasnah juara III untuk kategori tilawah anak-anak.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Hasna Shofwatul Azizah (13 tahun) awalnya tidak menyangka bisa menjadi juara III dalam ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat internasional di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Juni 2018. Pasalnya persaingan dalam perlombaan tersebut cukup berat karena diikuti oleh 70 negara peserta.

‘’ Alhamdulillah bisa membawa nama harum bangsa di dunia dan membanggakan orangtua,’’ ujar Hasna kepada Republika.co.id, Kamis (19/7). Terlebih prestasinya tersebut jarang diraih oleh banyak orang.

Awalnya kata Hasna sebelum berangkat ia berpandangan tidak menjadi juara dalam ajang tersebut tidak masalah. Sebabnya ia sudah merasa bersyukur karena diberikan kesempatan untuk mengikuti ajang di tingkat internasional. Namun faktanya Hasna bisa menjadi juara III dalam kategori tilawah anak-anak dengan mengalahkan 70 negara peserta lainnya.

Menurut Hasna, pencapaian prestasi ini tidak bisa lepas dari peran orangtua dan guru-guru yang membinanya. Para gurunya juga sebagian merupakan para alumni di ajang internasional serupa.

Hasna mengungkapkan, untuk meraih prestasi seperti sekarang ini ia membiasakan berlatih dan belajar setiap hari. Di mana ibu kandungnya Siti Aminah yang juga pernah menjadi juara nasional MTQ kategori tilawah mengajarinya secara langsung.

Selain berlatih tilawah, Hasna juga menghafal Alquran dibawah bimbingan ayah kandungnya KH Agus Said. Hingga kini hafalan Alquran Hasna sudah 11 juz.

Selepas meraih prestasi di tingkat internasional Hasna mengaku masih akan terus belajar lagi dan tidak berpuas diri. Ke depan Hasna akan mengikuti ajang MTQ Nasional yang digelar di Sumatera Utara pada Oktober 2018 mendatang. Pada perlombaan tersebut Hasna akan mengikuti kategori hafalan Alquran dan tilawah untuk provinsi Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement