Kamis 19 Jul 2018 15:16 WIB

Kiai Karismatik Syaifuddin Amsir dalam Kenangan Dailami

Kiai Saifuddin merupakan sosok ulama yang berpendirian teguh.

Rep: Maburoh/ Red: Andi Nur Aminah
Dailami Firdaus
Foto: dok. Pribadi
Dailami Firdaus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kiai Saifuddin Amsir merupakan sosok ulama yang rendah hati. Karya-karyanya telah menjadi kajian dan bahan penelitian para sarjana baik dalam maupun luar negeri.

Mengenang kecerdasan dan kedalaman ilmunya itu, anggota DPD RI Provinsi DKI Jakarta Dailami Firdaus menyebutkan bahwa Kiai Saifuddin merupakan sosok ulama yang berpendirian teguh. Bahkan Dailami menganggap Kiai Saifuddin sebagai orang tua sekaligus guru dalam hidupnya. "Saifuddin adalah orang tua dan guru yang selalu memberi arahan dan motivasi bagi saya," ujar Dailami melalui siaran pers, Kamis (19/7).

Kepribadian Saifuddin pun bukan hanya terkenang dalam diri Dailami. Dailami mengaku kakeknya pun sangat menyayangi dan mengenal sosok Saifuddin senagai murid yang cerdas dan pintar bergaul. "Beliau (Saifuddin) adalah murid yang paling disayang kakek saya almarhum Bapak KH Abdullah Syafiie, Pendiri Pesantren As-Syafiiyah, beliau sangat cerdas dan pandai bergaul," kenang Dailami.

Namun berita duka tutup usianya ulama karismatik tersebut kini telah didengarnya. KH Saifuddin Amsir meninggal dunia di RS Omni Pulomas, Jakarta Timur, pagi tadi pukul 01.20 WIB. "Innalillahi wa inna ilaihi roojiun, turut berduka cita atas berpulangnya ulama kharismatik dari Betawi, Buya KH Saifuddin Amsir, semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT," ucap Dailami.

Dailami beserta keluarga besar As-Syafi'iyah, termasuk Keluarga Besar Universitas Islam As-Syafiiyah dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) mengucapkan duka cita yang sedalam-dalamnya. Keluarga besar almarhumah Hj Tutty Alawiyah ini mengaku sangat kehilangan Figur Saifuddin yang telah dianggapnya sebagai keluarga sendiri.

"Kita sangat kehilangan, smoga Allah berikan derajat yang tinggi di sisi Allah dengan penuh rahmat dan sayang-Nya dan keluarga diberi ketabahan dan kita dapat melanjutkan perjuangan beliau," ucapnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menjenguk Syaifuddin saat masih terbaring di rumah sakit. Hal tersebut terlihat dari foto yang diunggah Anies dalam akun resmi media sosialnya. Kabar meninggalnya KH Saifuddin ini pun diunggah oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Instagram.

"Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji'uun. Turut berduka cita atas berpulangnya ahli fiqih dari Betawi, Buya KH Saifuddin Amsir, pagi ini pukul 01.30 WIB di RS OMNI Pulomas, Jakarta Timur. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT." tulis Anies di akun Instagram-nya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement