Ahad 08 Jul 2018 21:28 WIB

JK Harap Umat Muslim Mampu Manfaatkan Potensi Masjid

Perkembangan ekonomi mampu menaikkan minat Muslim untuk beramal.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua Dewan Masjid Indonesia yang juga Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sambutan saat acara halal bi halal DMI di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (6/7).
Foto: Republika/Putra M Akbar
Ketua Dewan Masjid Indonesia yang juga Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sambutan saat acara halal bi halal DMI di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (6/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla (JK) mengatakan, sebagai negara dengan mayoritas penduduk Mmuslim, warga Indonesia diharapkan mampu memanfaatkan potensi masjid sebagai pusat perkembangan ekonomi. Menurut JK, salah satu hal yang perlu dikembangkan umat Muslim adalah ekonomi.

Perkembangan ekonomi mampu menaikkan minat Muslim untuk beramal. Salah satu upayanya, adalah dengan memaksimalkan potensi masjid sebagai wadah perkembangan ekonomi.

“Dari semua kegiatan umat Islam, alhamdulillah semuanya sangat aktif sekali. Tapi yang masih perlu ditingkatkan adalah ekonomi. Karena hanya dengan kekuatan ekonomi, zakat dapat bertambah, orang dapat lebih mudah beramal dan itu harapan kita semua,” kata Jusuf Kalla saat menyampaikan sambutan di Masjid Istiqlal, Jakarta pada Jumat (6/7) lalu.

JK juga mengapresiasi seluruh pengurus masjid yang telah menjalankan tugas mereka untuk melayani masyarakat dengan baik selama Ramadhan lalu. Dia berharap, masjid dapat tetap menjadi pusat kegiatan umat Muslim, bukan hanya sebagai tempat beribadah, tapi juga berniaga.

“Sekitar 800 hibgga 900 ribu masjid di Indonesia telah melakukan tugasnya dengan baik selama sebulan penuh. Tentu harapan kita semoga masyarakat juga dapat dimakmurkan oleh masjid,” kata dia.

Menurut JK, kini kesadaran dan keinginan masyarakat untuk dekat dengan agama semakin besar. Selain itu, keteguhan untuk menjalankan syariat agama di berbagai bidang, termasuk ilmu pengetahuan, seni maupun ekonomi juga semakin meningkat.

Dia juga berharap semangat ini dapat dirasakan pula oleh generasi muda sebagai penerus bangsa. “Saya harapkan pada masa datang upaya pemanfaatan masjid ini dapat lebih baik dengan dukungan dari generasi muda,” ujar dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement