Jumat 01 Jun 2018 18:28 WIB

Syiar Syair Masuki Kota Keenam di Yogyakarta

Kegiatan amal ini akan menyampaikan bantuan ke empat negara.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Gelaran amal untuk Palestina, Suriah, Somalia dan Rohingya bertajuk Syiar Syair di Eastparc Hotel Yogyakarta.
Foto: Wahyu Suryana.
Gelaran amal untuk Palestina, Suriah, Somalia dan Rohingya bertajuk Syiar Syair di Eastparc Hotel Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gelaran amal bertajuk Syiar Syair kembali digelar untuk keenam kalinya. Memasuki gelaran keenam di Kota Yogyakarta, Syiar Syair menyisakan satu lagi gelaran yaitu di Kota Palembang.

Syiar Syair sendiri dihelat dengan dipandu David Chalik dan penampilan spesial dari penyanyi religi Opick dan Melly Goeslaw. Untuk Kota Yogyakarta, Melly Goeslaw hadir memeriahkan kegiatan amal yang digelar Daarut Tauhiid dan Dakwah Berjamaah tersebut.

Kepala Cabang DPU Daarut Tauhiid Yogyakarta, Nur Ikhsan Bashori menerangkan, kegiatan amal ini akan menyampaikan bantuan ke empat negara. Ada Palestina, Suriah, Somalia, dan Rohingya.

"Ketika kita di Yogya bisa menikmati berbuka puasa dengan memilih menu yang kita suka, kita juga harus bisa memikirkan saudara kita karena seorang Muslim itu saling bersaudara, sehingga kita harus memikirkan saudara kita," kata Nur, kepada Republika.co.id, Jumat (1/6).

Ia berharap, di empat negara-negara tujuan amal yang sudah diketahui bersama kondisinya seperti apa, kita saudara-saudaranya di Indonesia dapat memberikan kebahagiaan yang sama seperti yang umat Islam rasakan di Indonesia.

Nur mengaku bersyukur, gelaran yang sudah diselenggarakan di lima kota sebelumnya sudah bisa mengumpulkan Rp 1 miliar. Ia meyakini, pengumpulan dari Kota Yogyakarta dan Kota Palembang pada 5 Juni 2018 mendatang bisa lebih besar lagi.

"Harapannya mereka saudara-saudara kita di Palestina, Suriah, Somalia, dan Rohingnya bisa melaksanakan ibadah Ramadhan dengan lebih baik, sehingga ibadahnya bisa lebih maksimal," ujar Nur.

Kegiatan ini sendiri sudah dimulai sejak tahun lalu melalui buka puasa bersama tiga negara. Nur bersyukur, dukungan dari masyarakat Indonesia luar biasa besar, dan penerima manfaat dari tiga negara cukup senang.

Untuk penyaluran bantuan Syiar Syair ini, sejak awal Ramadhan sudah dikirimkan tim-tim secara bergiliran. Selain itu, ada mitra di Palestina yang pernah belajar di Daarut Tauhiid.

"Sebagian kami kirim utusan secara bergantian ke Yordania, Bangladesh, sehingga untuk penyaluran selain melalui mitra ada yang langsung ke lokasi," kata Nur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement