Sabtu 28 Apr 2018 21:05 WIB

Fatayat NU Abadikan Pemberdayaan Perempuan Indonesia Timur

Pameran fotografi bagian dari kemeriaham Konfrensi Besar Fatayat NU.

 pameran fotografi yang diadakan untuk memeriahkan Konferensi Besar (Konbes) Fatayat NU ke-16.
Foto: istimewa
pameran fotografi yang diadakan untuk memeriahkan Konferensi Besar (Konbes) Fatayat NU ke-16.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Poros gerakan perempuan dari Timur Indonesia menjadi fokus Fatayat NU pada Konbes tahun ini. Provinsi Maluku memiliki keindahan laut dan pantai, potensi perikanan, serta rempah-rempah yang melimpah. Para perempuannya dikenal memiliki tingkat keberdayaan yang tinggi. Semua itu tergambar dalam pameran fotografi yang diadakan untuk memeriahkan Konferensi Besar (Konbes) Fatayat NU ke-16. 

 

"Jadi ini ide menarik dengan membuat kompetisi fotografi bertemakan pemberdayaan perempuan di wilayah Timur Indonesia", jelas Anggia dalam pesan singkatnya, Sabtu (28/4).

 

 

Periode Kompetisi fotografi ini dibuka sejak awal Maret sampai Pertengahan April. Kompetisi ini dilakukan secara online. Ada 1000 foto yang masuk ke akun panitia lomba dengan kategori pemberdayaan perempuan Indonesia Timur dan keindahan Maluku. Tema foto yang masuk juga beragam, peserta fotografer pun berasal dari background berbeda.

 

Dari 1000 foto tersebut panitia melakukan seleksi dan terpilih 20 foto terbaik. Namun begitu, sekitar 100 foto finalis pilihan ditampilkan dalam pameran fotografi Konbes Fatayat NU di alun-alun Ambon.

 

"Kita bangga para pemuda yang memiliki hobi fotografi banyak berpartisipasi pada kompetisi ini, akhirnya banyak orang tahu Ambon itu bagaimana dan apa saja yang dimiliki" tambahnya.

 

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, yang turut hadir dalam pameran itu mengapresiasi agenda tersebut. Menurutnya, pemuda menjadi bagian penting dalam pengembangan potensi suatu daerah. "Pemuda Kreatif yang memiliki banyak inovasi dan mau terus belajar ini yang menjadi harapan bangsa" pungkasnya. 

 

Danar Pradipto, travel fotografer yang juga penanggungjawab pameran, menjelaskan foto-foto yang dipajang juga untuk mengenalkan kepada mereka yang datang ke Maluku, bahwa ada banyak spot yang bisa dikunjungi.

 

Ekspolarasi Pantai Ora dan Seram melukiskan beningnya air laut Maluku. Lalu Pulau Bair terkenal karena rempah-rempahnya tergambar dalam foto aktivitas wanita menjemur pala. Dari kota Ambon sendiri terpotret infrastruktur Ambon, di antaranya Jembatan Merah Putih.

 

"Saya berbangga ada kepedulian dari Fatayat NU merancang acara yang keren banget seperti ini. Mempromosikan potensi perempuan dengan cara yang asyik" kesan Dhanar di sela acara pameran (29/4).

 

Selain tema pemberdayaan perempuan, foto-foto lain seputar keindahan alam, kondisi perumahan rakyat, biota laut sampai hasil alam dan potensi lainnya juga di pamerkan dalam event tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement