Sabtu 28 Apr 2018 06:38 WIB

Fatayat NU Diajak Membangun Desa

Fatayat NU merupakan salah satu komponen bangsa.

Mendes Eko Putro Sandjojo dalam Konbes XVI Fatayat NU di Kota Ambon, Jumat (27/4).
Foto: istimewa
Mendes Eko Putro Sandjojo dalam Konbes XVI Fatayat NU di Kota Ambon, Jumat (27/4).

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menganggarkan dana Rp 5 miliar kepada organisasi perempuan Fatayat NU untuk membantu memajukan dan membangun desa.

 

"Bisa anggaran Rp 5 miliar, salah satu programnya Fatayat. Fatayat NU menjadi salah satu komponen bangsa yang besar juga, apalagi komitmennya membantu masyarakat desa," ujar Mendes Eko Putro Sandjojo dalam Konbes XVI Fatayat NU di Kota Ambon, Jumat (27/4).

 

Eko meminta agar ibu-ibu yang tergabung dalam Fatayat NU itu dapat melakukan pendampingan untuk pengelolaan dana desa dan pembangunan desa.

 

"Jadi kita (Kemendes) bantu untuk membuat pelatihan-pelatihanya buat Fatayat untuk menjadi trainer for the trainer untuk membantu supaya Fatayat bisa memberikan pelatihan," tuturnya.

 

Eko menjelaskan ada beberapa jenis pelatihan yang akan dberikan kepada ibu-ibu Fatayat sebelum melakukan pendampingan. Di antaranya, membangun desa-desa wisata dan membuat budidaya hidroponik. 

 

"Saya minta Fatayat bisa diberikan pelatihan untuk bisa ternak ayam, tentu kita juga ada program tiap satu halaman kita kasih satu tanaman duren dan rambutan, jadi bisa mengelola prukades (produk unggulan kawasan pedesaan)," jelasnya.

 

Kegiatan Konbes XVI Fatayat NU dihadiri sebanyak 34 pengurus wilayah dan puluhan pengurus cabang dari seluruh Indonesia. Tema besar yang diusung Konbes XVI Fatayat NU adalah "Rejunivasi Gerakan Perempuan di Timur Indonesia".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement