Rabu 25 Apr 2018 17:10 WIB

BMH Yogyakarta Adakan Pelatihan Kepengasuhan Pesantren

Kegiatan diikuti lebih dari 50 peserta yang berasal dari enam kota.

Pelatihan pengasuh asrama ponpes.
Foto: Dokumen.
Pelatihan pengasuh asrama ponpes.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Upaya meningkatkan kemampuan para pengasuh asrama pondok pesantren menjadi perhatian jajaran Baitul Maal Hidayatullah Yogyakarta. Untuk itu, bekerja sama dengan PT Riung Mitra Lestari dan Ummi Foundation, lembaga ini mengadakan pelatihan pengasuh asrama pondok pesantren.

Kegiatan berlangsung Selasa-Rabu (24–25/4) di Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta. "Pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan para pengasuh asrama pondok pesantren, juga menstandarkan metode kepengasuhan," kata pemateri dari Griya Parenting, Ustaz Miftahul Jinan.

Dengan mengambil tema 'Membangun Asrama Rapi dan Nyaman', pelatihan ini merupakan pelatihan pertama yang diadakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta. Kegiatan diikuti lebih dari 50 peserta yang berasal dari enam kota di sekitar Yogyakarta. Meliputi Surakarta, Sukoharjo, Magelang, Kebumen, Cilacap, dan Yogyakarta.

"Insya Allah pelatihan ini akan diselenggarakan kembali pada jenjang level berikutnya. Agar keterampilan dan keilmuan dari para pengasuh pesantren dalam hal mengelola asrama menjadi lebih baik," jelas Ustaz Arif, tim dari Griya Parenting.

Diharapkan, lanjut dia, setelah selesai dari pelatihan ini para pengasuh bisa mengaplikasikan ilmunya di tempat tugas masing-masing. Demikian juga mampu mengantarkan para santrinya bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian, dan kenyamanan asrama.

"Para pengasuh mempunyai modal untuk mendampingi para santri bertangungjawab dan mampu membuat aturan-aturan dan prosedur keasramaan," katanya, dalam siaran pers.

Sementara itu, Ketua BMH Yogyakarta, CH Rohman, bersyukur kegiatan pelatihan tersebut dapat berjalan dengan baik. "Semoga ilmu yang didapat, menjadi bermanfaat dan dapat diterapkan di pesantren masing-masing," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement