Sabtu 31 Mar 2018 11:45 WIB

Ustaz Somad: Bacaan Alquran Menentukan Amal Ibadah

Jika bacaan Alquran tidak benar, shalat tak akan diterima Allah SWT.

Rep: Febrian Fachri / Red: Ani Nursalikah
Ustadz Abdul Somad berfoto di Jalan Asia Afrika saat menuju Masjid Raya Jawa Barat, Alun-alun Kota Bandung, Jumat (30/3).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ustadz Abdul Somad berfoto di Jalan Asia Afrika saat menuju Masjid Raya Jawa Barat, Alun-alun Kota Bandung, Jumat (30/3).

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BANDUNG -- Ustaz Abdul Somad menyebut pentingnya memperhatikan bacaan Alquran dengan baik dan benar. Bacaan Alquran sangat menentukan amal ibadah yang kita buat sehari-hari.

Ustaz asal Riau itu mencontohkan dalam shalat, bacaan yang kita sebut adalah kalimat-kalimat yang ada di dalam Alquran. Jika bacaan Alquran tidak benar, maka shalat tak akan diterima Allah SWT karena dalam bahasa Arab, beda bacaan akan beda arti dan maknanya.

"Jadi perhatikan lagi baca Alquran kita. Kalau seumur hidup tak pandai baca Alquran, maka seumur hidup shalat kita tidak akan diterima karena bacaan kita salah-salah dalam shalat," kata Ustaz Somad saat mengisi tabligh akbar di Ciwidey, Rancabali, Kabupaten Bandung, Sabtu (31/3).

Ustaz Somad mencontohkan dalam penyebutan huruf sa, harus memperhatikan bentuk huruf dan bagaimana bacaannya karena bisa saja salah menyebutnya menjadi tsa, atau sya. Hal ini berbeda dengan bahasa Indonesia jika terjadi pertukaran huruf, maka makna masih bisa ditangkap karena lafaznya masih bisa diketahui.

Ustaz Somad menjelaskan Muslim harus mendalami bacaan Alquran karena itu adalah kewajiban. Alumni Universitas Al Azhar, Mesir itu menyebut tak sedikit orang mengeluhkan susahnya belajar bahasa Arab.

Tapi menurut Ustaz Somad, yang sulit tak hanya bahasa Arab. Semua bahasa asing akan sulit jika tak ada niat mempelajarinya.

"Bahasa Inggris juga sulit. juga punya keragaman kata dan huruf. Tapi kalau dipelajari tetap akan bisa," ujar Ustaz Somad.

Tabligh akbar Ustaz Somad juga disiarkan langsung melalui Facebook.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement