Kamis 08 Feb 2018 12:48 WIB

PMI dan BWA Berikan 500 Alquran ke Masjid

PMI melihat begitu banyak Alquran yang dijemur di masjid-masjid akibat siklon cempaka

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani
Pemberian 500 Alquran dari Palang Merah Indonesia dan Badan Wakaf Alquran kepada perwakilan masjid-masjid terdampak siklon tropis Cempaka di DIY.
Foto: Wahyu Suryana / Republika
Pemberian 500 Alquran dari Palang Merah Indonesia dan Badan Wakaf Alquran kepada perwakilan masjid-masjid terdampak siklon tropis Cempaka di DIY.

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- Palang Merah Indonesia (PMI) DIY dan Badan Wakaf Alquran DIY memberikan bantuan Alquran kepada masjid-masjid terdampak siklon tropis cempaka di DIY. Sebanyak 500 kitab suci Alquran disebarkan ke masjid-masjid yang ada di kabupaten/kota sekitaran DIY.

Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo mengatakan, langkah ini bermula ketika PMI mendatangi langsung masyarakat terdampak siklon tropis cempaka di sekitaran DIY. Saat itu, PMI melihat begitu banyak Alquran yang dijemur di masjid-masjid.

Kondisi Alquran sendiri terbilang mengkhawatirkan mengingat selain basah, tidak sedikit kitab suci yang terkena lumpur. Sayangnya, lokasi yang sulit membuat kondisi itu tidak banyak mendapat sorotan khalayak.

Padahal, kondisi air yang menggenangi masjid-masjid terbilang sangat tinggi ketika dampak siklon tropis cempaka terjadi tahun lalu. Karenanya, PMI menggandeng Badan Wakaf Alquran demi bisa menggantikan kitab-kitab tersebut.

"Alhamdulillah, kita dibantu 500 kitab suci Alquran dan langsung diberikan ke masjid-masjid yang terkena musibah," kata Prabukusumo kepada Republika, Kamis (8/2).

photo
Pemberian 500 Alquran dilakukan Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo dan Direktur Operasional BAWA Muhammad Ihsan di Ndalem Prabukusuman Alun Alun Kidul, Kamis (8/2). (Wahyu Suryana / Republika)

Selain masjid-masjid terdampak siklon tropis cempaka, Alquran diberikan pula kepada masjid-masjid Keraton, Pathok Negara dan Pakualaman. Selain itu, diberikan pula kepada masjid-masjid kabupaten/kota.

Kali ini, setidaknya sebanyak 25 masjid-masjid yang tersebar di DIY akan mendapatkan bantuan kitab suci Alquran. Di antaraya lima masjid di Yogyakarta, delapan masjid di Bantul, lima masjid di Sleman, tiga masjid di Kulonprogo dan empat masjid di Gunungkidul.

Direktur Operasional dan Keuangan BWA, Muhammad Ihsan Salam menerangkan, ini merupakan langkah awal dari program besar yang dimiliki Badan Wakaf Alquran untuk tahun ini. Sepanjang 2018, BWA sendiri menargetkan sekitar 30 ribu Alquran tersampaikan.

"Insya Allah kita sedang jalankan penggalangan wakaf 30 ribu Alquran yang memang kita canangkan pada 2018 ini," ujar Ihsan.

photo
Pemberian 500 Alquran dari Palang Merah Indonesia dan Badan Wakaf Alquran kepada perwakilan masjid-masjid terdampak siklon tropis Cempaka di DIY. (Wahyu Suryana / Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement