Ahad 14 Jan 2018 08:56 WIB

Daripada Kencing Unta, Lebih Baik Minum Air Kurma

Rep: Muhyiddin/ Red: Agus Yulianto
Kurma
Foto: Boldsky
Kurma

REPUBLIKA.CO.ID, Akhir-akhir ini Masyarakat Indonesia tengah ramai memperbincangkan air kencing unta, baik dari segi kesehatan maupun dari segi hukum Islam. Masalah ini muncul ke permukaan setelah viralnya video Ustaz Bachtiar Nasir yang meminum air kencing unta dengan air susu di Makkah.

Terlepas dari itu, dari segi kesehatan air kencing unta berkhasiat membunuh sel-sel kanker dan mengandung obat bagi penyakit di dalam perut. Sayangnya, bagi masyarakat Indonesia, air kencing unta, masih dipandang menjijikkan untuk dikonsumsi, meskipun secara hukum dibolehkan menurut Imam Hambali.

Karena itu, daripada meminum air kencing unta lebih baik meminum sari buah kurma yang juga kaya akan manfaatnya. Apalagi, dalam surat Maryam Allah menceritakan, bahwa pada saat rasa sakit akan melahirkan anak, memaksa Maryam bersandar pada pangkal pohon kurma, Allah memerintahkan dia untuk menggoyangkan pangkal kurma tersebut. Allah berfirman, Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu (QS Maryam: 25)

Tidak hanya itu, dalam hadis juga dianjurkan agar umat Islam mengonsumsi buah kurma. Dalam hadis shahih Buhari dan Muslim, diriwayatan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, Beliau bersabda: "Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir".

Di Indonesia, buah kurma sendiri tidak sulit ditemukan. Bahkan, saat ini, buah kurma telah diproduksi dalam dalam bentuk kemasan minuman. Pada Sabtu (14/1) kemarin, PT Ajwa Madinah Barakah meluncurkan produk minuman kurma inovatif dengan konsep 7 butir kurma yang diberi nama '7dates'.

Produk minuman kurma ini tidak hanya tren, namun sarat dengan keunggulan lainnya seperti tanpa pewarna dan pemanis buatan. 7dates dapat dikategorikan sebagai minuman ringan yang baik untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari.

7dates dapat dijadikan suplemen bagi masyarakat yang membutuhkan asupan energi dan meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu khasiat dari 7dates cocok untuk jantung, ibu hamil, pencegah stroke, dan cocok untuk melawan sel kanker. Karena itu, CEO PT Ajwa Madinah Barakah, Nabil mengatakan, daripada meminum air kencing unta lebih baik meminum air kurma yang kaya akan manfaat kesehatan.

"Kencing unta? pokoknya ente pegang botol 7dates penyakit hilang," ujar Nabil saat ditanya Republika.co.id di Jakarta, Sabtu (13/1).

Menurut Nabil, 7dates adalah satu-satunya minuman buah kurma yang bebas bahan pengawet dan tanpa pemanis buatan. Minuman ini diproses secara higienis menggunakan mesin industri sesuai standar kemasan minuman.

Nabil menegaskan, 7dates juga sangat baik dikonsumsi oieh para atlet atau mereka yang hobby berolahraga, pekerja berat yang membutuhkan stamina Iebih, serta mereka yang konsen terhadap kesehatan atau dalam proses therapy. "Kami ingin produk ini menjadi jawaban atas persoalan kesehatan dan penambah stamina alami dari kurma. Misi luhur kami salah satunya adalah ingin berkontribusi menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat dan kuat. Jadi ,hidup mereka bisa lebih berstamina," ujar Pria yang dikenal sebagai eksportir beberapa produk pangan asli Indonesia ini.

Untuk mempermudah konsumen mendapatkan 7dates, kini sudah dapat dibeli di jaringan minimarket 212 Mart, Minimarket Sodaqo Apotik Roxy, SocaMart, Freshman, Koppada Mart, KitaMart, OK-OCE Mart, Ummar Minimarket, FamiliMart, dan lslamicMart.

Sementara, salah seorang dokter yang konsen meneliti tentang kurma, dr Agus Rahmadi mengatakan, bahwa melakukan penelitian bersama timnya ternyata manfaat kurma sangat luar biasa. Salah satunya, kata dia, kurma bisa membuat saraf otak menjadi sehat.

Karena, tambah dia, saat bulan puasa tak heran jika dianjurkan memakan buah kurma. Ia pun menyarankan agar orang yang darah tinggi juga banyak mengkonsumsi buah kurma. "Kurma mengandung seratonin, ini berperan penting untuk saraf. Di pisang juga ada seratonin tapi yang banyak dibagian kulitnya. Karena itu kalau ketemu orang yang marah-marah kasih saja kurma. Masih marah-marah, kasih aja kulit pisang," katanya dalam peluncuran 7dates.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement