Jumat 29 Dec 2017 23:10 WIB

Kang Puji: Festival Republik Jadi Inspirasi

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Budi Raharjo
Ustad Yusuf Mansur memberikan ceramah sebagai pembuka acara Festival Republik di Masjid Agung At-Tin, Jakarta, Jumat (29/12).
Foto: Republika/Prayogi
Ustad Yusuf Mansur memberikan ceramah sebagai pembuka acara Festival Republik di Masjid Agung At-Tin, Jakarta, Jumat (29/12).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Dalam rangka pergantian malam tahun baru 2017, Republika kembali akan menggelar Dzikir Nasional di Masjid At-Tin, TMII, Jakarta Timur pada 29-31 Desember 2017. Kegiatan zikir Republika tahun ini tidak hanya digelar di Jakarta, tapi juga di dua kota besar lainnya, yaitu di Yogyakarta dan Bandung.

Kegiatan zikir di Yogyakarta sendiri akan menghadirkan beberapa penceramah di antaranya Gus Miftah Habiburrahman dari Pondok Pesantren Ora Aji, Kang Puji Hartono dari Pesantren Masyarakat Jogja, dan Ketua Pemuda Muhammadiyah Dahnil Azhar Simanjuntak. Terkait tanggapanya tentang kegiatan yang dikemas dalam Festival Republik ini, Kang Puji mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif karena dapat memanfaatkan momen libur nasional sebagai media dakwah.

Bahkan, Festival Republik ini telah menjadi sebuah inspirasi positif, ujarnya kepada Republika, Jumat (29/12). Inspirasi positif yang ia maksud adalah karena kini kian banyak masjid di beberapa daerah yang mulai menggelorakan hal serupa pada momen pergantian tahun.

Hal itu ia buktikan dengan kian banyaknya masjid yang ingin mengundangnya sebagai pembicara dalam kegiatan serupa di beberapa daerah di Indonesia. Ia pun sangat senang melihat fakta itu karena berawal dari Republika yang mengadakan kegiatan akhir tahun secara serentak di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta rupanya telah mampu memantik inspirasi masyarakat muslim Indonesia. Sehingga, kini kian banyak kegiatan akhir tahun bernuansa religi yang digelar di beberapa daerah lainya.

Satu hal yang pasti, selain Jakarta dan Bandung, penyelenggaraan Festival Republik di Yogyakarta juga merupakan hal yang sangat tepat. Mengingat, Yogya adalah sebuah destinasi wisata sehingga kegiatan ini tak hanya dapat dimanfaatkan oleh warga Yogya namun juga bagi wisatawan yang ingin sekaligus menikmati liburan sembari berwisata religi, kata Kang Puji.

Dalam kesempatan ini, nantinya ia berencana untuk memberikan motivasi dan muhasabah sehingga masyarakat dapat lebih bersemangat dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Ia pun berharap, melalui momen ini, masyarakat juga dapat menggapai esensi dari setiap materi yang dipaparkan oleh para pembicara, sehingga dapat menjadi pribadi yang lebih baik seiring dengan momen pergantian tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement