Ahad 10 Dec 2017 06:03 WIB
Republika Gelar Pelatihan Baca Alquran 30 Menit ke-73

'Saya Baru Ngeh Kalau Huruf Arab Itu Ada Latinnya Juga'

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agus Yulianto
Ustaz Ahmad Farid Hasan
Foto:
Ustadaz Ahmad Farid Hasan memberikan paparanya saat kegiatan 30 Menit Bisa Membaca Alquran di Kantor Republika, Jalan Warung Buncit, Jakarta, Sabtu (28/10)

Remaja asal Batam ini juga menyatakan, disela-sela kegiatan pembelajaran tadi ternyata sang om mengirim chat menanyakan kegiatannya bagus atau nggak. Kalau bagus Om dari Yusuf berencana ingin memanggil staznya untuk ramai-ramai membikin kegiatan ngaji bersama untuk saudara dan tetangga.

"Tadi, dia juga nanya untuk anak SD bisa nggak, saya bilang bisa aja asal anaknya yang memang niat mau belajar bukan yang malas-malasan karena percuma. Tapi, kalau saya sendiri bilang ini termasuk mudah dan baru ngeh kalau huruf arab itu ada latinnya juga," ungkap Yusuf.

Salah satu peserta lainnya bernama Rusman menyatakan, dirinya ingin memperlancar bacaan sehingga ikut kegiatan ini. Tahun 89-an dirinya mengaku sudah pernah belajar membaca Alquran. Namun, karena sudah lama dirinya mengaku sudah lupa.

"Tajwid jujur saya susah memahami. Dan dibandingkan dengan dulu ini lebih praktis. Dulu kan harus pakai iqro, nah yang ini nggak. Lebih mudah lagi memahaminya," ucap Rusman.

Pria berusia 71 tahun ini mengaku, mengetahui kegiatan belajar membaca Alquran dari iklan di koran karena sudah berlangganan Republika. Namun saat itu, dirinya mengaku, terlambat mengetahui iklan kegiatan tersebut. Setelah beberapa bulan ditunggu tidak ada informasi kegiatan belajar Alquran ini, dirinya kemudian meminta sang anak untuk menelpon ke kantor Republika.

"Waktu anak saya telpon katanya ada tanggal 2 Desember, tapi ternyata diundur jadi tanggal 9 Desember. Terus saya minta anak buat daftarkan kalau memang ada," ucap Rusman.

Rusman mengaku, terkadang masih suka keliru dalam belajar membaca Alquran yang mungkin disebabkan oleh faktor umur juga. Dirinya juga berkata metode ini wajib dicoba lagi di rumah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement