Senin 04 Dec 2017 15:59 WIB

Pemkot Solo Bagikan Ribuan Alquran

Rep: Adrian Saputra/ Red: Agus Yulianto
Mushaf Alquran.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Mushaf Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota Solo membagikan ribuan mushaf Alquran untuk Taman Pendidikan Alquran di Solo. Sebanyak 3.250 mushaf Alquran, 2.890 Alquran Terjemah, dan 3.250 Iqra dan Juz Amma diserahkan kepadaBadan Koordinasi Taman Pendidikan Alquran (Bakor TPA) di 5 Kecamatan yakni  Banjarsari, Jebres, Laweyan, Serangan dan Pasar Kliwon.

Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Kota Solo, Samsu Tri Wahyudi mengatakan, program pembagian mushaf Alquran telah dimulai sejak 2015. Pemkot Solo menargetkan, bisa membagikan 100 ribu mushaf Alquran bagi TPA se-Kota Solo.

"Pembagian mushaf ini berkelanjutan sejak dua tahun lalu, targetnya seratus ribu mushaf bisa kita sampaikan ke TPA semua," kata Samsu usai simbolisasi penyetahan mushaf Alquran dan terjemahan pada lima Bakor TPA di masing-masing Kelurahan, Senin (4/12).

Hingga tahun ketiga sejak dimulainya program tersebut, kata Samsu, Pemkot Solo telah menyalurkan bantuan sebanyak 40 ribu mushaf Alquran berikut terjemahan, juz amma, dan iqra. Pemkot Solo juga menyediakan mushaf cadangan di Bakor TPA Kota sebanyak 300 mushaf Alquraan, 190 mushaf terjemah, dan 300 juz amma dan iqra.

Samsu mengatakan, mushaf cadangan tersebut untuk mengantisipasi TPA yang mendesak membutuhkan bantuan Alquran untuk siswa didik. Dengan program tersebut, Pemkot Solo berupaya untuk membantu lembaga pendidikan Islam khususnya TPQ dalam pengadaan kitab suci untuk menunjang pendidikan bagi siswa TPQ.

Sebab, kata dia, setiap tahun banyak TPQ memerlukan bantuan kitab suci lantaran Alquran, iqra dan juz amma yang tersedia, banyak mengalami kerusakan. Sedangkan untuk kebutuhan Alquran Braille bagi warga tunanetra, kata Samsu, Kementerian Agama Kota Solo telah menyediakan setiap tahunnya

"Setiap tahun siswanya ganti, kemudian banyak juga yang sobek sampul dan lembarannya, maka jika yang lain bisa difasilitasi kenapa tidak untuk mushaf Alquran, katanya.

Ketua Bakor TPA Banjarsari, Sujiati mengatakan, tahun ini kelurahannya memperoleh 600 paket mushaf Alquran, terjemahan, juz amma, dan iqra. Jumlah tersebut, kata dia, lebih sedikit jika dibanding tahun sebelumnya sebayak 1.000 paket. Mushaf Alquran tersebut, jelas dia, kemudianakan disalurkan ke 193 TPA di Banjarsari. "Nanti kalua ada sisanya kamisalurkan ke mushala-mushala yang membutuhkan, tapi ini kita prioritaskan dulu yang di TPA," katanya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement