Jumat 24 Nov 2017 18:12 WIB

Kemenag Beri Apresiasi Pendidikan Islam pada Pemda dan Media

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin
Foto: ROL/Fakhtar Khairon Lubis
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin

REPUBLIKA.CO.ID, SERPONG -- Empat Pemerintah Daerah (Pemda) dan sembilan media menerima penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam (API) dari Kementerian Agama. Penyerahan API berlangsung di ICE BSD City Serpong bersamaan dengan International Islamic Education Expo (IIEE) tahun 2017.

API untuk kategori Pemda diserahkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Adapun API untuk media, diserahkan oleh Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Mastuki.

Menurut Mastuki, API untuk Pemerintah Daerah rutin diberikan oleh Kementerian Agama dalam beberapa tahun terakhir. API ini diberikan kepada Kepala Daerah yang dinilai mempunyai kepedulian dan keberpihakan kuat terhadap pengembangan pendidikan Islam di daerahnya.

“API merupakan wujud penghargaan dari Kementerian Agama terhadap pihak-pihak yang dinilai telah berkontribusi dalam pengembangan pendidikan Islam,” ujar Mastuki, Kamis (23/11).

Untuk tahun ini, API juga diberikan kepada media yang dinilai concern dalam pemberitaan masalah pendidikan, utamanya terkait pendidikan Islam. Penentuan media penerima API didasarkan pada hasil media monitoring atas pemberitaan media tentang pendidikan Islam pada rentang 2016 – 2017.

“Dalam tiga tahun terakhir, Kementerian Agama rutin melakukan media monitoring terkait isu: haji, kerukunan, kehidupan keagamaan, pendidikan agama dan keagamaan, serta tata kelola Kementerian Agama,” ujar Mastuki.

API juga diberikan kepada negara sahabat yang selama ini bermitra dengan Kementerian Agama dalam penguatan program pendidikan Islam, seperti beasiswa pasca sarjana, pertukaran pelajar, shotcourse dosen, pembelajaran, dan sejenisnya. Negara sahabat penerima API 2017 adalah Australia.

Apresiasi Pendidikan Islam juga diberikan kepada dunia usaha yang dinilai memiliki keberpihakan terhadap pendidikan Islam, baik dalam bentuk beasiswa atau lainnya. Penghargaan untuk kategori ini diberikan kepada Astra Honda Motor.

Berikut ini daftar penerima Apresiasi Pendidikan Islam 2017:

Pertama, Pemerintah Daerah:

1.    Provinsi Kalimantan Timur

2.    Kabupaten Bangka Tengah, Babel

3.    Kabupaten Lampung Timur, Lampung

4.    Kabupaten Tasikmalaya, Jabar

Kedua, Media Massa   

A.    Televisi           

1.    CNN Indonesia TV

2.    METRO TV

3.    TVRI

B.    Cetak           

1.    Kompas

2.    Media Indonesia

3.    Republika

C.    Online           

1.    Antaranews.com

2.    Detik.com

3.    Republika.co.id

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement