Rabu 15 Nov 2017 10:01 WIB

Muslim Amerika di Bawah Kepemimpinan Trump Hadapi Tantangan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Muslim AS
Foto: VOA
Muslim AS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi masyarakat Muslim di Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Donald Trump. Menurut pandangan Presiden Nusantara Foundation dan Imam Besar Masjid New York, Imam Shamsi Ali seperti yang banyak di beritakan media massa. Mereka menghadapi beberapa tantangan.

"Dengan terpilihnya Donald Trump ini, memang kita menghadapi beberapa tantangan," kata Imam Shamsi saat ditemui Republika di Jakarta, Selasa (14/11).

Ia menerangkan, tantangan yang pertama, retorika politik Donald Trump yang cukup anti-Islam, anti-imigran dan anti-minoritas. Hal ini cukup berimbas kepada ketenangan hidup masyarakat Muslim dan minoritas lainnya. Ia melanjutkan, yang kedua, retorika Donald Trump ternyata memperkuat ketakutan orang-orang yang sudah takut. Serta memperkuat kebencian orang-orang yang sudah benci.

"Sehingga ada kasus-kasus kekerasan yang terjadi kepada minoritas, termasuk kepada masyarakat Muslim," ujarnya.

Imam Shamsi menyampaikan, tetapi secara umum AS biasa-biasa saja. Kondisi seperti ini sudah pernah dialami sejak tragedi 11 September. Jadi bukan sesuatu yang baru kalau masyarakat Muslim menghadapi tantangan-tantangan seperti ini. Ia menceritakan, dalam sejarah Amerika memang banyak diskriminasi yang terjadi kepada imigran. Semua agama yang dibawa imigran ke Amerika mengalami hal yang sama.

"Ketika Katolik datang ke Amerika pertama kali, mereka tidak bisa mendirikan gereja, ketika masyarakat Yahudi datang ke Amerika mereka diusir," jelasnya.

Menurutnya, hal tersebut merupakan proses yang terjadi, tapi Imam Shamsi mengaku selalu optimis. Pada akhirnya perkembangan Islam tidak bisa ditahan lagi. Sebab masyarakat Amerika sudah semakin tahu agama Islam. Ia menilai, pemberitaan tentang Islam oleh media massa, baik secara negatif maupun positif. Pada akhirnya akan menjadikan orang Amerika sadar. Islam yang sesungguhnya bukan seperti yang disampaikan selama ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement