Selasa 14 Nov 2017 09:39 WIB

Indonesia Halal Expo Kembali Digelar

Rep: Novita Intan/ Red: Esthi Maharani
LPPOM MUI
Foto: Republika/Agung Supriyanto
LPPOM MUI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Untuk mengedukasi dan mempromosikan produk bersertifikat halal, LPPOM MUI kembali menggelar event tahunan yaitu INDHEX (Indonesia Halal Expo). Acara yang mengangkat tema 'Meningkatkan Daya Saing Produk Indonesia Melalui Sertifikasi Halal' akan digelar pada 16-18 November 2017, bertempat di SMESCO Exhibition Hall, Pancoran Jakarta Selatan.

Wakil Direktur LPPOM MUI, Osmena Gunawan mengatakan, acara ini mampu meningkatkan eksistensi Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia.

"Sekaligus bisa meningkatkan kesadaran serta peran stakeholder mengenai halal, meningkatkan potensi dan nilai jual produk bersertifikat halal, serta meningkatkan daya saing produk UKM bersertifikat halal," ujarnya berdasarkan siaran pers yang diterima Republika di Jakarta, Selasa (14/11).

Rangkaian kegiatan pada INDHEX tahun ini berupa pameran produk bersertifikat halal sebanyak 100 stand, dan berbagai event lainnya seperti Halal Award 2017, penyerahan hadiah Olimpiade Halal 2017, silaturrahmi LPPOM MUI dengan pimpinan perusahaan bersertifikat halal, talkshow, seminar, serta aneka kegiatan lainnya.

 

Penyelenggaraan INDHEX yang ke tujuh ini, dalam rencana akan dibuka oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita. Acara ini diikuti oleh 13.524 peserta yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, serta beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Jepang, dan Saudi Arabia.

Bentuk kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan yaitu silaturrahmi dengan pimpinan perusahaan bersertifikat halal, dalam bentuk diskusi panel dengan tema kelanjutan proses sertifikasi setelah penetapan UU Jaminan Produk Halal. Dijadwalkan hadir sebagai pembicara antara lain pimpian dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia, Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal (BPJPH), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM), dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI).

Tak hanya itu, berbagai seminar dan pelatihan yang dapat menunjang peningkatan daya saing produk bersertifikat halal, serta berbagai kompetisi pun akan digelar, seperti kompetisi memasak, lomba menggambar dan mewarnai, serta fashion show yang didukung oleh produsen kosmetika halal terkemuka, Wardah.

Acara ini juga akan dihadiri oleh produsen produk halal baik internasional maupun lokal, produsen UKM, instansi pemerintah, komunitas halal serta dihadiri pula oleh stakeholder terkait.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement