Kamis 02 Nov 2017 19:33 WIB

Kemuliaan Istri adalah Ridha Suami

Rep: c62/ Red: Agung Sasongko
Muslimah (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika
Muslimah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di antara keutamaan istri yang taat pada suami adalah akan dijamin masuk surga.  Ini menunjukkan kewajiban besar istri pada suami adalah mentaati perintahnya. Dari Ummu Salamah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Perempuan mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga."

Hadis di atas, menurut Musthofa Al Bugha, dalam Nuzhat al-Muttaqin, adalah jika seorang wanita beriman itu meninggal dunia lantas ia benar-benar memperhatikan kewajiban terhadap suaminya sampai suami tersebut ridha dengannya, ia dijamin masuk surga. Bisa juga makna hadis tersebut adalah pengampunan dosa atau Allah meridhainya. 

Begitu pula ada hadis dari Abdurrahman bin Auf. Ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, "Jika seorang perempuan selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (pada Ramadhan) serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada perempuan yang memiliki sifat mulia ini, 'Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka'." (HR Ahmad dan Ibn Hibban).

Dengan ketaatan seorang istri dan keridhaan suami, hubungan kedua belah pihak, insya Allah akan harmonis. Hal ini akan sangat membantu untuk kehidupan dunia dan akhirat.

Islam pun memuji istri yang taat pada suaminya. Bahkan, istri yang taat pada suami itulah yang dianggap perempuan terbaik.

Dari Abu Hurairah RA berkata, "Rasulullah pernah ditanya, siapakah perempuan yang paling baik?" Rasul menjawab, "Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, menaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci." (HR Nasaai dan Ahmad).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement