Jumat 22 Sep 2017 05:00 WIB

Tahun Baru Islam, MUI Serukan Persatuan Umat

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Nidia Zuraya
Muslim Indonesia. Ilustrasi.
Foto: Republika
Muslim Indonesia. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Uama Indonesia (MUI) menyerukan kepada Umat Islam untuk meningkatkan persatuan. Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid mengimbau kepada kaum muslimin untuk menjadikan tahun baru Hijriyah 1 Muharam 1439 H sebagai momentum kebangkitan spiritual berdasarkan iman, ilmu dan amal saleh guna mewujudkan kesalehan pribadi menuju kesalehan sosial demi terwujudnya kemaslahatan umat dan bangsa.

"MUI menyerukan kepada kaum muslimin agar memasuki Tahun Baru 1439 H dengan penuh keimanan, ketakwaan dan keikhlasan serta senantiasa mengharap ridho Allah SWT dalam suasana hati yang sejuk, tenang dan damai seraya berdoa semoga di tahun 1439 H ini dapat meningkatkan amal kebajikan agar dapat memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya bagi bangsa dan negara," ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (21/9)

Zainut Tauhid melanjutkan, MUI juga menyerukan kepada kaum muslimin untuk mengembangkan sikap toleransi (tasamuh), keseimbangan (tawazun) dan bersikap adil (i'tidal) dalam menjalankan ajaran agama agar tidak terjebak pada pertentangan dan perselisihan sempit (furu'iyyat) dalam menjalankan ajaran agama. Hal tersebut harus bisa dilakukan, demi mewujudkan persaudaraan Islam (ukhuwah Islamiyyah), yang hakiki untuk menuju persatuan umat dan bangsa.

MUI juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengembangkan toleransi dan wawasan kebhinnekaan sejati. Menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang rukun, lanjut dia, dan harmonis, saling menghormati, saling mencintai dan saling menolong dalam semangat persaudaraan kebangsaan (ukhuwah wathaniyyah).

"Hal ini dilakukan dalam rangka memelihara keamanan negara dan kerukunan bangsa," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement