Jumat 01 Sep 2017 15:49 WIB

Dubes Inggris: Idul Adha Ingatkan Pentingnya Berbagi

Sejumlah Panitia Kurban Masjid Sunda Kelapa sedang sibuk memotong hewan kurban, di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (1/9).
Foto: Republika/Ali Mansur
Sejumlah Panitia Kurban Masjid Sunda Kelapa sedang sibuk memotong hewan kurban, di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (1/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik memaknai Idul Adha sebagai pengingat bagi umat Muslim untuk berbagi dengan sesama. "Kisah Nabi Ibrahim mengingatkan pentingnya berbagi rezeki dengan orang yang kurang mampu dan masyarakat," ujarnya saat ditemui di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (1/9).

Latar belakang peringatan Idul Adha yakni cerita Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya, Ismail, atas perintah Allah. Sesaat sebelum menyembelih putranya, ternyata Allah memberikan seekor domba sebagai ganti kurban yang akan disembelih, karena perintah tersebut sejatinya hanyalah bentuk ujian keimanan bagi Ibrahim dan Ismail.

"Dan, kalau kita melihat langsung proses penyembelihan, kita bisa lebih menghargai betapa berartinya hidup bukan hanya bagi hewan tetapi juga manusia," kata Moazzam, menuturkan. 

Pada Idul Adha tahun ini, Moazzam mengurbankan seekor kambing yang dibeli dan disembelih langsung di Masjid Agung Sunda Kelapa. Moazzam beserta keluarga yang menyaksikan langsung proses penyembelihan hewan kurban mereka, mengaku memiliki kesan tersendiri terhadap masjid yang tidak memiliki kubah laiknya masjid-masjid lain itu.

"Saat dulu tinggal di dekat sini, saya sering bersembahyang di Masjid Sunda Kelapa jadi banyak sahabat saya di sini," kata dia.

Selain itu, proses pelaksanaan kurban yang teratur, bersih, dan aman juga menjadi alasan khusus bagi Moazzam dan keluarga untuk rutin setiap tahun menyumbangkan hewan kurban di masjid yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat itu.

Tahun ini, masjid tersebut total menerima 10 ekor sapi dan 52 ekor kambing untuk dikurbankan. Jumlah tersebut menurun dibandingkan 2016 saat panitia kurban Masjid Agung Sunda Kelapa menyembelih 14 ekor sapi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement