Kamis 20 Jul 2017 18:31 WIB

MUI Gorontalo Jadi Pelopor Persatuan Umat

Majelis Ulama Indonesia
Majelis Ulama Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Roni Imran, meminta agar Majelis Ulama Indonesia (MUI) di daerah itu menjadi pelopor persatuan umat. "Saat ini persatuan dan kesatuan umat di daerah ini semakin baik, maka diperlukan peran seluruh organisasi sosial kemasyarakatan, termasuk MUI untuk memperkokohnya," kata Roni saat menghadiri pelantikan pengurus MUI Kecamatan Kwandang, Kamis (20/7).

Pelantikan itu juga ikut dihadiri Ketua MUI Provinsi Gorontalo Abdurrahman Bachmid dan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Gorontalo Utara, Muhammadun Rahmola. Roni mengatakan, jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 di kabupaten ini rawan terhadap gesekan akibat dukung mendukung kandidat calon.

"Agenda Pilkada jangan sampai mengobrak-abrik persatuan masyarakat, persatuan umat, serta antarumat beragama, mengingat masyarakat di daerah sangat heterogen sehingga rawan dimasuki isu-isu yang bisa memecah belah," katanya.

Maka, peran MUI dari tingkat kecamatan pun sangat diharapkan untuk menangkal gejolak yang bisa merugikan masyarakat dan jalannya pembangunan di daerah ini. Di samping itu, kata Roni, tantangan bagi pemerintah daerah menghadapi pesta demokrasi agar masyarakat semakin dewasa berpolitik, tidak saling menebar kebencian karena dukungan yang berlebihan bagi para kandidat calon yang dijagokan.

"Pemerintah daerah pun sangat tertantang menghadapi dinamika politik, sebab bertanggung jawab penuh mempersatukan masyarakat dalam bingkai demokrasi, khususnya menghadapi Pilkada 2018," katanya. Pelantikan kepengurusan MUI Kecamatan Kwandang juga dirangkaikan dengan Halal Bihalal 1438 Hijriyah/2017.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement