Selasa 18 Jul 2017 16:15 WIB

Masjid Mashkhur Jusup Unik dan Menggoda Imajinasi

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Masjid Mashkhur Jusup
Foto: Skycraper.com
Masjid Mashkhur Jusup

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sulit untuk tidak terkesima pada Masjid Raya Mashkhur Jusup. Media Huffington Post menempatkannya dalam urutan pertama dari 50 masjid paling menakjubkan di dunia. Alasannya, masjid ini begitu unik dan menggoda imajinasi. Laman CNN i-Re port sampai-sampai menyamakannya dengan penampakan Darth Vader, tokoh fiksi film Star Wars.

Kemiripan itu semakin jelas bila pengunjung memotret masjid ini dari arah de pan. Atap biru masjid mengerucut seting gi 54 meter dan berujung pada kubah di pucuknya. Adapun, pintu gerbangnya berbentuk segitiga sama kaki. Tak ayal, deretan atap itu seakan-akan helm Darth Vader, sedangkan gerbang masjid tersebut sebagai mulutnya.

Masjid Raya Mashkhur Jusup terletak dalam kompleks seluas enam hektare di wilayah perkotaan yang cukup sibuk, Pavlodar, Kazakhstan. Tentu saja, maksud pendirian masjid ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan fiksi populer mana pun. Penamaan masjid ini, misalnya, mengikuti nama sosok sastrawan sekaligus sejarawan kebanggaan Kazakhstan, Mashkhur Jusup.

Pembangunan masjid ini dimulai sejak 2009. Empat tahun kemudian, masjid ini se lesai dengan sempurna dan dapat berfung si serta dibuka untuk umum. Tim perancang masjid ini berasal dari Almaty Gipro Gor Institute, sebuah pusat kajian arsitektur yang berpusat di bekas ibu kota Kazakhstan.

Bila dilihat dari angkasa, Masjid Raya Mashkhur Jusup berbentuk bintang dengan delapan sudut. Atau, lebih tepat nya kombinasi dua persegi. Luas bangunannya mencapai 48x48 meter persegi. Seluruhnya terletak dalam kompleks lahan yang berbentuk lingkaran. Pengunjung dapat masuk ke sini melalui tiga jalan utama sekaligus yang mengitari kompleks Masjid Raya Mashkhur Jusup, yakni Jalan Raya Kutuzov, Krivenko, dan Kairbaev.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement