Kamis 06 Apr 2017 08:51 WIB

Komunitas Muslim AS Kembali Sebarkan Pesan Islam Damai

Rep: Marniati/ Red: Agus Yulianto
Muslim Amerika/Ilustrasi
Muslim Amerika/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CHELMSFORD -- Komunitas muslim  di Greater Lowell, Massachusetts , AS menyebarkan pesan Islam damai kepada masyarakat sekitar. Mereka mengadakan kegiatan Open Mosque dengan maksud untuk memperkenalkan budaya, tradisi serta keyakinan yang dianut kepada semua pengunjung yang datang ke Masjid Chelmsford.

“Islam tidak pernah mengajarkan radikalisasi atau ekstremisme. Ini adalah cara untuk mencapai perdamaian. Keragaman yang ada justru membawa kita semua menuju persatuan,”  ujar Imam Basheer Bilal seperti dilansir lowellsun.com (3/4).

Dalam kegiatan ini, setiap pengunjung yang datang akan diminta untuk melepaskan sepatu mereka dan pengunjung perempuan menerima mawar merah. Sebelum memasuki acara diskusi, pengunjung dapat mendatangi stand yang disediakan panitia. Stand ini menyediakan layanan henna dan memberi kesempatan bagi perempuan yang ingin coba menggunakan hijab. Pengunjung juga dapat menikmati  kue-kue tradisional atau donat.

Presiden Dewan Direksi yang sekaligus menjabat kepala sekolah Syed Hassan Jafri mengatakan, sekolah negeri dan swasta datang ke masjid untuk belajar tentang Islam. Bagi banyak pengunjung, kegiatan Open Mosque ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar lebih banyak tentang Islam.

Menurutnya, masjid ini terbuka untuk semua umat Islam. Tidak memandang paham yang mereka anut. Jamaah di Masjid Chelmsford datang dari berbagai negara, masing-masing membawa adat mereka sendiri. Sehingga terdapat perbedaan budaya dari masing-masing daerah. Untuk itu, umat Islam tidak hanya mendatangi satu masjid.

Salah seorang pengujung, Emily membawa serta kedua anaknya dalam kegiatan ini. Menurut Emily, Muslim menyambut ia dan keluarga dengan sangat ramah. Sehingga menambah suasana keakraban dan persahabatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement