Senin 20 Feb 2017 06:20 WIB

Penulis Terkemuka Siap Ramaikan IBF 2017

Rep: Syahruddin el-Fikri/ Red: Agus Yulianto
  Pengunjung melihat buku saat Indonesia International Book Fair (IIBF) (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pengunjung melihat buku saat Indonesia International Book Fair (IIBF) (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA—Sejumlah penulis terkemuka di Indonesia, siap meramaikan perhelatan Islamic Book Fair (IBF) 2017 yang rencananya akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 3-7 Mei 2017. Para penulis itu antara lain Habiburrahman El-Shirazy, Tere Liye, Ridwan Hasan Saputra, Ustaz Bachtiar Nasir, Ustaz Salim A Fillah, Ustaz Felix Siauw, Dr Adian Husaini, Ahmad Fuadi, Tasaro GK, Dr Syafi’i Antonio, dan lainnya.

Ketua Panitia IBF 2017, Mahmud Anis B menjelaskan, banyak penulis-penulis terkenal yang siap mengisi acara di panggung Islamic Book Fair (IBF). Dan sebagian besar penulis tersebut, kata dia, hadir dengan membawa karya-karya terbarunya.

“Karena itu, kami mengajak seluruh kaum Muslim dan insan perbukuan untuk bersama-sama meramaikan kegiatan Islamic Book Fair 2017,” ujar Anis di Kantor Ikapi DKI, Jakarta, belum lama ini.

Para penulis tersebut, kata Anis, selain membedah isi buku yang mereka tulis, juga nantinya akan sharing (berbagi) motivasi dan informasi seputar dunia tulis menulis. “Momentum bertemu dengan para penulis ini sangat besar manfaatnya bagi pengunjung atau peserta untuk menggali seputar informasi tentang karya mereka. Selain itu, mereka juga akan bercerita seputar dunia literasi (tulis menulis),” jelasnya.

Sementara itu, koordinator bidang acara IBF 2017, Ummu Masmuah menambahkan, pihaknya akan menyediakan dua panggung pasa acara IBF 2017 nanti, yakni panggung utama dan panggung Kids Zone. Dari lima hari penyelenggaraan Islamic Book Fair (IBF), panitia menyediakan sedikitnya 50 agenda acara. “Mulai dari bedah buku, talk show, seminar, meet and greet dengan penulis, book signing, hiburan, dan lainnya,” kata Ummu.

Republika Penerbit kembali hadir di Islamic Book Fair (IBF) 2017. Kepala Redaksi dan Promosi Republika Penerbit Syahruddin E menjelaskan, pihaknya menyiapkan tiga acara di panggung IBF dengan tiga penulis terkemuka. “Habiburrahman El-Shirazy atau Kang Abik, Tere Liye, dan peraih Tokoh Perubahan Republika tahun 2013, yakni Ridwan Hasan Saputra,” ujarnya.

Syahruddin mengatakan, Tere Liye akan hadir dengan membedah karya terbarunya, yakni ‘Tentang Kamu’. Buku ini, kata dia, mengulas tentang perjuangan seorang pemuda yang berusaha untuk mengungkap jati diri pemilik harta kekayaan yang mencapai Rp 19 triliun.

Sementara itu, Kang Abik, jelas Syahruddin, kembali akan hadir di panggung IBF 2017. “Insya Allah, Kang Abik akan hadir dengan karya terbarunya,” ungkapnya.

Sedangkan untuk Ridwan Hasan Saputra, kata Syahruddin, akan hadir dengan sebuah karya menarik. “Pak Ridwan ini adalah Tokoh Perubahan Republika pada 2013. Beliau terpilih karena concern-nya pada bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (Mipa). Di panggung IBF beliau akan menghadirkan karya terbarunya yang berjudul 'Matematika untuk yang tidak Suka Matematika',” ujarnya.

Karya ini, ujar Syahruddin, ditujukan bagi masyarakat, khususnya para pelajar yang tidak menyukai Matematika. “Melalui karya ini, Pak Ridwan yang juga seorang pengajar untuk Olimpiade Sains, siap berbagi informasi bagaimana caranya menyukai Matematika tersebut,” jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement