Selasa 27 Dec 2016 03:17 WIB

Muhammadiyah: Selesaikan Perbedaan Secara Elegan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Haedar Nashir
Haedar Nashir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PP. Muhammadiyah, Haedar Nasir menilai tidak ada masalah dalam hubungan antar umat beragama di Indonesia saat ini. Baginya hubungan umat beragama dan suasana kemajemukan di negeri ini secara umum  baik.

"Kalaupun ada perbedaan dan di sana sini terjadi gesekan hal itu merupakan bagian dari hidup berbangsa yang pusparagam, yang penting selalu ada penyelesaian yang elegan," kata dia kepada Republika.co.id, Senin (26/12).

Walaupun belakangan ada berbagai pihak mencoba merusak suasana keharmonisan antar umat beragama. Menurutnya, umat beragama di Indonesia sudah cukup dewasa, dalam menjaga hubungan baik sesama elemen bangsa.

Karena itu menurutnya, masalah tantangan menjaga keharmonisan tentu saja ada. "Tidak mungkin bangsa yang besar dan bhineka ini tanpa ada masalah," ujarnya.

 

Karena itu, kata dia yang paling penting adalah bersikap dewasa. Latihlah warga bangsa ini untuk dewasa menyikapi dan menyelesaikan masalahnya secara baik dan elegan, bukan dengan cara-cara kekerasan dan anarkis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement