Selasa 22 Nov 2016 09:28 WIB

Ini Nasihat Aa Gym Tentang Pentingnya Menjaga Lisan

Aa Gym
Foto: profil.web.id
Aa Gym

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan pondok pesantren Daarut Tauhid Aa Gym memberikan nasihat bagaimana pentingnya menjaga lisan. Menurut Aa Gym, orang yang beriman kepada Allah SWT. dan Rasul-Nya adalah terampil menjaga lisan dari ucapan buruk, dari celetukan-celetukan yang tidak karuan, dan kata-kata tiada berguna.

Orang yang beriman akan sangat memelihara lisannya agar selamat karena ia meyakini dengan sepenuh hati tiada satupun ucapan sehalus apapun kecuali pasti akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Allah SWT.

"Hati-hatilah terhadap lisan kita. Karena ucapan-ucapan yang terlontar darinya meskipun itu ringan namun bisa berakibat berat bagi kita," ujar Aa Gym lewat nasihat di halaman Facebook-nya, Selasa. 

Seperti keterangan yang diriwayatkan oleh Abu Hurairoh ra. bahwasanya salah seorang sahabat pernah berkata kepada Rasululloh Saw.  “Wahai Rosululloh, sesungguhnya wanita itu rajin sholat, rajin sedekah, rajin puasa. Namun dia suka menyakiti tetangga dengan lisannya.”

Lantas Rasululloh SAW. bersabda, “Dia di neraka.” Kemudian sahabat bertanya lagi, “Ada wanita yang dikenal jarang berpuasa sunah, jarang sholat sunah, dan dia hanya bersedekah dengan potongan keju. Namun dia tidak pernah menyakiti tetangganya.” Rosululloh Saw. bersabda, “Dia ahli surga.” (HR. Ahmad)

"Maasyaa Alloh! Betapa dahsyat akibat yang datang dari lisan kita ini," tuturnya.  "Ucapan yang terlontar dari lisan kita bagaimana anak panah yang melesat dari busurnya."

Sekali ia melesat, kata Aa Gym, maka tidak akan bisa ditarik lagi. Kemudian, jika dia sudah tertancap pada sasaran, maka jikapun dia dicabut kembali maka bekasnya akan tetap ada. "Sekalipun bekas itu ditambal sedemikian rupa, maka tetap ia tidak utuh lagi seperti sedia kala."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement