Senin 21 Nov 2016 05:06 WIB

Ini Manfaat Menjalin Silaturahim

Rep: kamran dikarma/ Red: Damanhuri Zuhri
silaturahim (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
silaturahim (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia KH Cholil Nafis mengungkapkan banyak manfaat yang akan diraih umat Islam ketika saling menjaga silaturahim. Selain kebaikan dan rahmat dari Allah SWT, silaturahim juga akan mempererat hubungan antar manusia.

Kiai Cholil mengatakan menjalin dan menjaga silaturahim wajibnya hukumnya dalam Islam. "Rasulullah SAW selalu menganjurkan umatnya untuk senantiasa membangun dan menjaga silaturahim, bukan memutusnya," kata dia kepada Republika.

Menurutnya, orang yang selalu menjaga silaturahim akan senantiasa merasakan kedamaian. "Dia akan tenang dalam hatinya, dia akan merasa nyaman dalam dirinya. Sebab tidak akan merasa punya musuh atau lainnya," kata dia.

Selain itu, orang yang menjalin dan menjaga silaturahim, akan selalu mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT. "Allah SWT akan memudahkan rezeki, dipanjangkan umurnya. Rezeki dalam hal ini bisa berupa kesehatan, peluang, pekerjaan, atau hal menggembirakan lainnya," ujar Kiai Cholil.

Oleh sebab itu, Kiai Cholil menilai, ketika seorang Muslim mampu membangun dan menjaga silaturahim dengan baik, dia akan selalu terjaga dalam kebaikan dan kebahagiaan. Karena dengan hubungan baik peluang rezeki terbuka dan dengan hubungan baik pula hati akan senantiasa terbuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement