Senin 07 Nov 2016 08:44 WIB

Pangeran Charles Kunjungi Masjid Raya Sheikh Zaved di Abu Dhabi

Rep: wahyusuryana/ Red: Damanhuri Zuhri
Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi.   (AP/Kamran Jebreili)
Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi. (AP/Kamran Jebreili)

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Seperti semua pengunjung di tempat ibadah Muslim, mereka pun melepas alas kaki saat berkunjung ke Masjid Raya Sheikh Zaved. Charles yang memakai kaus kaki hitam, ditemani Camilla yang tampak tak segan bertelanjang kaki.

Ini bukan merupakan kunjungan pertama, karena Charles dan Camilla sempat berkunjung pada 2007 lalu, ketika Masjid Raya Sheikh Zaved sedang dibangun. Mereka kembali sebagai bagian dari tur mereka ke Timur Tengah atas nama Pemerintah Inggris, setelah meninggalkan Oman kemarin.

Charles tampak berpakaian formal dengan mengenakan jas dan dasi, sedangkan Camilla mengenakan pakaian seperti gamis panjang berwawrna biru, lengkap dengan penutup rambut. Mereka mencoba mempelajari arsitektur masjid, yang memiliki lampu lilin mewah dan kaligrafi tradisional Asmaul Husna di dinding.

Karpet di aula utama masjid, yang membutuhkan 11 tahun untuk membuatnya, dianggap sebagai salah satu karpet yang terbesar di dunia. Setelah tur, Charles dan Camilla menghadiri jamuan untuk tamu dari berbagai tokoh agama dan kebangsaan, tidak terkecuali Uskup Paul Hinder dari Gereja Katolik Roma.

"Pangeran (Charles) mampu berbicara kepada kita dan melihat realitas toleransi di negeri ini, ini tidak terjadi di seluruh dunia bahwa kita bisa bertemu di suatu tempat dalam formasi seperti itu," kata Paul, seperti dilansir Telegraph, Senin (7/11).

Masjid Raya Sheikh Zaved didirikan pada 2008, dan berada di pintu masuk menuju Abu Dhabi City Island. Charles dan Camilla melakukan tur masjid ditempat Sheikha Lubna Al Qasimi, yang ditunjuk sebagai menteri baru negara untuk toleransi pada Februari lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement