Ahad 02 Oct 2016 11:33 WIB

Sambut 1 Muharam, Kota Bekasi Gelar Pawai

Rep: Kabul Astuti/ Red: Damanhuri Zuhri
Sejumlah pelajar mengikuti pawai taaruf sambut bulan suci Ramadan di Kota Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Rabu (1/6). (Antara/Syifa Yulinnas)
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Sejumlah pelajar mengikuti pawai taaruf sambut bulan suci Ramadan di Kota Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Rabu (1/6). (Antara/Syifa Yulinnas)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 H, sejumlah elemen umat Islam di Kota Bekasi menggelar pawai.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, didampingi para pejabat eselon 2 dan 3 di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi menyambut peserta pawai ta'aruf dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1438 H di Alun-Alun Kota Bekasi, Sabtu (1/10) sore.

Berbagai atribut kemeriahan tahun baru Islam 1438 H hadir dalam pawai tersebut, mulai dari kasidahan, mobil hias, hingga baktor hias juga dihadirkan para peserta pawai dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan Pawai Ta'aruf 1 Muharam 1438 H digelar untuk memeriahkan Tahun Baru Islam. Kegiatan ini diharapkan dapat mengingatkan kaum Muslim bahwa Islam mempunyai tahun baru yang sarat makna. Pasalnya, kata Rahmat, selama ini yang lebih banyak diperingati umat Islam justru tahun baru Masehi.

"Dengan adanya kegiatan ini, mudah-mudahan umat Muslim dapat selalu memperingati Tahun Baru Islam. Kegiatan seperti ini juga diharapkan menambah kekompakan, kebersamaan dan persaudaraan sesama umat Muslim. Selain itu, juga dapat menjalin persatuan dan kesatuan dan sikap saling menghormati antar pemeluk agama, khususnya di Kota Bekasi," kata Rahmat Effendi.

Pawai diikuti hampir 5000 aparatur dan masyarakat umum dengan rute mulai dari Jalan Ahmad Yani sampai dengan Masjid Agung Al-Barkah Jalan Veteran. Pawai ini juga dihadiri Dandim 05/07 Letkol.Inf Wawan Kusnendar dan Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bekasi serta disaksikan masyarakat umum.

Acara pawai taaruf dilanjutkan dengan Tabligh Akbar 1 Muharram di Masjid Agung Al Barkah selepas shalat Isya dengan pembicara Prof KH Dedy Djubaedi. Tak hanya Pemkot Bekasi, sejumlah unsur umat dari ormas dan beberapa sekolah Islam juga mengadakan pawai arak-arakan pada Sabtu malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement