Ahad 07 Aug 2016 00:15 WIB

Jangankan ke Sesama, Islam Wajibkan Manusia Adil ke Hewan dan Tumbuhan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Achmad Syalaby
Islam/ilustrasi
Foto: islamcan.com
Islam/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Keadilan sudah menjadi harapan dalam fitrah setiap manusia. Hebatnya, Islam sebagai sebuah ideologi, sudah mewajibkan keadilan jadi jalan hidup seorang Muslim.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan umat Islam memang sudah diwajibkan agama untuk senantiasa berbuat adil di dunia. Maka itu, ia menilai umat Islam akan secara otomatis mengusahakan keadilan, karena sudah jadi bagian iman dan taqwa.

"Islam itu jangankan kepada manusia, kepada binatang dan tumbuhan saja tidak bolek tak adil," kata Mahyeldi kepada Republika.co.id, Jum'at (5/8).

Ia mengingatkan, Rasulullah SAW pun pernah mengisahkan seorang pekerja seks komersial (psk), yang masuk surga karena menyelamatkan seekor hewan (anjing). Mahyeldi berpendapat, itu menunjukkan begitu tinggi penghargaan yang diajarkan Islam kepada setiap manusia.

Sedangkan, lanjut Mahyeldi, gambaran yang selama ini terus ditampilkan orang-orang yang memusuhi Islam di dunia, memang bukanlah Islam yang sesungguhnya. Sementara, ketidakadilan yang sangat sering diterima umat Islam di berbagai belahan dunia, dianggap tidak pernah terjadi begitu saja.

Untuk itu, ia mengimbau kepada umat Islam agar menjaga persatuan dan kesatuan, demi menghadirkan wajah Islam yang sesungguhnya kepada dunia. Menurut Mahyeldi, sudah saatnya Muslim dunia menampilkan tujuan utama kehadiran Islam, yaitu sebagai rahmat untuk alam semesta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement