Jumat 25 Mar 2016 17:11 WIB

Indonesia Diharapkan Pimpin Dunia Islam

Rep: C25/ Red: Achmad Syalaby
Muslim Indonesia. Ilustrasi.
Foto: Republika
Muslim Indonesia. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia Islam dinilai sedang kehilangan sosok negara pemimpin. Untuk itu, Indonesia diharapkan tampil mengisi kekosongan tersebut.

Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Masdar Farid Mas'udi mengatakan, Indonesia tertantang untuk memimpin dunia Islam global. Menurut Masdar, itu merupakan harapan yang sangat mulia, sehingga Indonesia harus terinspirasi untuk dapat mewujudkannya.

"Kita tertantang untuk itu, mudah-mudahan jadi inspirasi umat Islam seluruh Indonesia," kata Masdar kepada Republika.co.id, Jum'at (25/3). Untuk mewujudkan itu, Masdar meminta umat Islam mampu mengatasi berbagai permasalahan yang sedang mengadang langkah Indonesia. Ia merasa Indonesia mampu menjadi pemimpin dunia Islam, mengingat potensi populasi umat yang memang terbesar di dunia.

Ia mengimbau umat Islam di Indonesia dapat memberi perhatian serius, agar dapat melakukan konsolidasi ke dalam dan menyelesaikan permasalahan yang ada. Selain itu, Masdar berharap Indonesia memainkan peranan yang lebih besar, terutama menyelesaikan permasalahan dunia Islam global.

Ia menambahkan kalau tidak ada negara Islam lain di dunia, yang memiliki tanggung jawab memimpin Islam global sebesar Indonesia. Maka itu, ia meminta umat Islam percaya diri dan yakin, serta bertawakal demi menjadi pimpinan dunia Islam secara global. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement