Ahad 21 Feb 2016 05:01 WIB

Calon Dokter Asal Nigeria Ramaikan Trend 'Hijarbie' di Media Sosial

Rep: MGROL57/ Red: Muhammad Subarkah
Haneefah Adam
Foto: muslimvillage.com
Haneefah Adam

REPUBLIKA.CO.ID, Haneefah Adam, mahasiswi kedokteran asal Nigeria, belakangan ini meramaikan trend media sosial dengan ‘Hijarbie’ di Instagram. Ia yang mendandani boneka populer produksi Mattel tersebut menjadi boneka wanita berhijab. Tidak hanya mengenakan hijab, Adam mempercantik Barbie menjadi Muslimah bergaya dengan hijabnya.

Adam terinspirasi membuat akun Instagram untuk Hijarbie setelah melihat akun-akun sejenis didedikasikan bagi boneka lain. Namun akun yang penuh foto-foto boneka tersebut tidak ada yang cocok dengan selera Adam. Dari berbagai akun, sama sekali belum ada boneka yang sesuai dengan realitas gadis-gadis Muslim dengan hijab mereka.

Melihat hal itu, Adam memutuskan ia ingin menciptakan boneka yang sesuai dengan karakternya. Boneka yang sesuai dengan karakter Muslimah atau mengenakan hijab serta berpakaian menutup aurat. Walau tidak semua wanita Muslim mengenakan hijab, Adam merasa hijab adalah bagian dari identitasnya.

 “Saya memutuskan untuk mengisi celah tersebut, dan mulai mendokumentasikannya,” ujar Adam, dilansir dari Muslim Village Jumat (19/2).

Seperti dilansir musimvillage.com calon dokter tersebut mendesain sekaligus menjahit sendiri pakaian-pakaian untuk Hijarbie. Adam pula yang mendandani gaya boneka cantik tersebut kemudian mengambil gambarnya. Pakaian-pakaian Hijarbie, jelas Adam, kadang-kadang terinspirasi fashion blogger yang sungguhan ada.

“Biasanya saya mulai dengan melihat kain-kain yang saya miliki dan memikirkan bentuk pakaian. Kadang mereka terencana, kadang desainnya berubah total,” lanjutnya. “Karena saya baru mulai membuat pakaian untuk boneka, seluruh proses menyelesaikan pakaian, mendandani, hingga mengambil gambar dapat memakan waktu tiga jam.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement